Kamis 20 Juni, 2024
Beranda Ekonomi Bisnis Tol Laut di Pelabuhan Depapre Resmi Diluncurkan

Tol Laut di Pelabuhan Depapre Resmi Diluncurkan

Suaranewspapua.com – Program Tol Laut Pelabuhan Depapre, Kabupaten Jayapura resmi diluncurkan.

Peluncuran tersebut selain dihadiri para pejabat dari Pemerintah Provinsi juga turut hadir Bupati Jayapura beserta jajarannya dan stakeholder terkait lainnya.

Asisten Sekda Papua Bidang Perekonomian dan Kesra Dr. Drs. Muhammad Musa’ad, M.Si mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur Papua menyambut bersandarnya kapal Tol Laut.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder baik itu Pamerintah Pusat, Pemkab Jayapura maupun instansi lainnya yang dengan sukses mendaratkan kapal pemasok barang kebutuhan ekonomi in,” ucapnya.

Musa’ad merincikan Tol Laut yang masuk ke pelabuhan Depapre mengarungi rute baru (rute T-9) meliputi Merauke – Kokas – Sorong – Supiori – Depapre – Kabupaten Jayapura (PP).

Konsep Tol Laut, lanjut dia, adalah mempercepat distribusi bahan logistik yang terhubung ke beberapa pelabuhan dengan prinsip bongkar dan muat.

“Artinya ada komoditas bahan pokok yang dibawa dari satu daerah dan ada komoditas lainnya yang dibawa kembali, sehingga dapat mengurangi biaya/ongkos distribusi,” terang Musa’ad.

Ia mencontohkan, misalnya beras asal Merauke sebelum adanya Tol Laut harus dibawa ke Surabaya dulu baru kemdian dikapalkan kembali ke Jayapura.

Namun dengan adanya program Tol Laut ini maka beras asal Merauke bisa langsung masuk ke Jayapura tanpa harus ke Surabaya, dan kemudian distribusikan ke berbagai daerah yang ada di Pegunungan Tengah atau wilayah utara Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Maintaining Security, Paniai Police Personnel Increase Routine Patrols

Paniai - In an effort to maintain public security and order in their jurisdiction, Paniai Police and Brimob Yon C Nabire BKO...

Jaga Keamanan, Personel Polres Paniai Tingkatkan Patroli Rutin

Paniai - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukumnya, Personil Polres Paniai dan Brimob Yon C Nabire BKO Polres...

Facts About the Raid on the KKB Headquarters in Paniai That Resulted in KKB Member’s Death

Paniai - The Task Force (Satgas) for Operation Damai Cartenz 2024 announced that joint TNI-Polri forces successfully raided the headquarters of an...

Beberapa Fakta Penggerebekan Markas KKB Papua di Paniai yang Tewaskan Anggota KKB

Paniai - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 mengumumkan bahwa aparat gabungan TNI-Polri berhasil menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di...

Recent Comments