Senin 6 Desember, 2021
Beranda Ekonomi Bisnis Tol Laut di Pelabuhan Depapre Resmi Diluncurkan

Tol Laut di Pelabuhan Depapre Resmi Diluncurkan

Suaranewspapua.com – Program Tol Laut Pelabuhan Depapre, Kabupaten Jayapura resmi diluncurkan.

Peluncuran tersebut selain dihadiri para pejabat dari Pemerintah Provinsi juga turut hadir Bupati Jayapura beserta jajarannya dan stakeholder terkait lainnya.

Asisten Sekda Papua Bidang Perekonomian dan Kesra Dr. Drs. Muhammad Musa’ad, M.Si mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur Papua menyambut bersandarnya kapal Tol Laut.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder baik itu Pamerintah Pusat, Pemkab Jayapura maupun instansi lainnya yang dengan sukses mendaratkan kapal pemasok barang kebutuhan ekonomi in,” ucapnya.

Musa’ad merincikan Tol Laut yang masuk ke pelabuhan Depapre mengarungi rute baru (rute T-9) meliputi Merauke – Kokas – Sorong – Supiori – Depapre – Kabupaten Jayapura (PP).

Konsep Tol Laut, lanjut dia, adalah mempercepat distribusi bahan logistik yang terhubung ke beberapa pelabuhan dengan prinsip bongkar dan muat.

“Artinya ada komoditas bahan pokok yang dibawa dari satu daerah dan ada komoditas lainnya yang dibawa kembali, sehingga dapat mengurangi biaya/ongkos distribusi,” terang Musa’ad.

Ia mencontohkan, misalnya beras asal Merauke sebelum adanya Tol Laut harus dibawa ke Surabaya dulu baru kemdian dikapalkan kembali ke Jayapura.

Namun dengan adanya program Tol Laut ini maka beras asal Merauke bisa langsung masuk ke Jayapura tanpa harus ke Surabaya, dan kemudian distribusikan ke berbagai daerah yang ada di Pegunungan Tengah atau wilayah utara Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments