Minggu 28 Februari, 2021
Beranda Hukum&Kriminal OPM Akan Ditetapkan Pemerintah Sebagai Organisasi Teroris

OPM Akan Ditetapkan Pemerintah Sebagai Organisasi Teroris

Suaranewspapua.com – Pemerintah diminta menetapkan Organisasi Papua Merdeka ( OPM ) sebagai organisasi teroris . Pasalnya, karena tindakannya OPM selama ini juga melakukan aksi teror terhadap warga di Papua selain menyuarakan perlawanan terhadap negara.

Direktur Eksekutif Pusat Studi Kemanusiaan dan Pembangunan (PSKP), Efriza mengatakan sudah sangat layak apabila OPM ditautkan sebagai organisasi teroris karena aksi yang dilakukan selama ini bukan hanya memakan korban dari kalangan aparat keamanan tapi juga masyarakat Papua.

“OPM selama ini menolak secara tegas Otonomi Khusus (Otsus) Papua dan meminta agar Papua merdeka penuh dari Indonesia,” ujarnya dalam webinar bertajuk OPM sebagai Organisasi Teroris, Jumat (15/1/2021).

Dirinya pun mengingatkan masyakarat aksi teror yang dilakukan OPM misalnya Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) OPM daerah 8 Intan Jaya membakar pesawat misionaris milik PT MAF pada awal Januari 2021.

Dia menilai aksi teror OPM juga dilakukan terhadap langkah pembangunan pemerintah di Papua dengan membunuh belasan karyawan PT Istaka Karya yang sedang mengerjakan proyek Jalan Trans Papua di Nduga pada 2018.

“Kekejaman OPM sering kita lihat saat mereka menembak heli milik TNI yang sedang mengevakuasi prajurit dan membawa logistik ke daerah pedalaman Papua. Lalu pembacokan pada tukang ojek di Intan Jaya,” katanya.

Menurut dia, Presiden Jokowi secara tegas bentuk nyata kehadiran negara diimplementasikan dengan pendekatan kesejahteraan melalui pemberian dana Otsus yang ditingkatkan dan berbagai pembangunan infrastruktur.

Namun di sisi lain, kata dia, tindakan OPM malah berseberangan dengan sikap pemerintah yaitu dengan menunjukkan perlawanan untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka apabila Papua sejahtera. Karena itu, dia menilai selain menggunakan pendekatan kesejahteraan juga perlu dibarengi dengan pendekatan militer untuk memberikan keamanan dan keselamatan bagi masyarakat Papua dengan memasukkan OPM sebagai organisasi teroris di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ini Arahan Panglima TNI dan Kapolri di Jayapura

Suaranewspapua.com - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., memberikan pengarahan kepada Personel TNI-Polri...

Kapolri Minta Babinsa dan Bhabinkamtibmas Terus Jaga Kondusifitas Papua

Suaranewspapua.com - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., melakukan kunjungan kerja (kunker)...

Melalui Polisi Pi ajar, Binmas Noken Polri Tanamkan Jiwa Nasionalisme kepada Siswa di Kabupaten Keerom

Suaranewspapua.com - Salah satu anggota Binmas Noken Polri, Bripka Sam Saiba melaksanakan kegiatan “Polisi Pi Ajar” di Sekolah Dasar Inpres Pir 4,...

Satlantas Polres Merauke Ajarkan Tertib Berlalulintas Sejak Dini Kepada Anak di Merauke

Suaranewspapua.com - Satlantas Polres Merauke melaksanakan kegiatan “Polisi Sahabat Anak” dengan memberikan edukasi tertib berlalu lintas. Selain itu, Satlantas Polres Merauke juga...

Recent Comments