Rabu 8 Desember, 2021
Beranda Hukum&Kriminal KKB Buat Teror Bakar Pesawat Twin Otter Amerika

KKB Buat Teror Bakar Pesawat Twin Otter Amerika

Suaranewspapua.com – Teror dan provokasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berkelanjutan, Pesawat jenis Twin Otter milik Mission Aviation Fellowship (MAF), asal Amerika Serikat (AS) dibakar di Distrik Mbiandoga, Intan Jaya, Papua, pada Rabu, 6 Januari 2021.

Diketahui bahwa pesawat dengan nomor registrasi PK MAK milik MAF dijadwalkan terbang menuju Intan Jaya pada pukul 06.00 WIT. Namun, setelah terbang sebentar, pesawat tersebut harus kembali ke Nabire karena cuaca buruk.

Setelah menunggu cuaca membaik, pesawat diagendakan terbang kembali ke Intan Jaya pada pukul 09.40 WIT. Namun terjadi penumpukan penumpang yang menyebabkan kekacauan perebutan kursi, dimana KKB muncul memprovokasi masyarakat dan akhirnya membakar pesawat

Pilot Twin Otter, Alek Luferchek dari AS masih dalam kondisi trauma setelah diselamatkan pendeta dan warga sesaat setelah pesawatnya dibakar.

“Pilot dievakuasi menggunakan helikopter milik Helivida dari kampung dekat TKP,” ujar, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.

Kapolda melanjutkan, “Keterangan dari dia (Pilot Twin Otter) belum banyak karena yang bersangkutan masih trauma dan saat ini dievakuasi ke Jayapura,”

Sementara itu Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Kolonel CZI Gusti Nyoman Suriastawa ikut angkat suara, bahwa diketahui sebelumnya KKB pernah mengeluarkan pernyataan yang berisi ancaman.

“Pernyataan mengancam ini ditujukan terhadap setiap penerbangan sipil yang ada di wilayah Papua maupun Papua Barat,” ujar Kolonel.

Kolonel Suriastawa menjelaskan bahwa KKB beraksi dengan dilakukan penembakan terhadap beberapa pesawat sipil termasuk penembakan terhadap pesawat helikopter PT Freeport Indonesia (PT FI) beberapa hari sebelumnya. “Massa yang ditunggangi KKB melakukan tindakan brutal, kondisi ini diciptakan KKB untuk memberi rasa takut terhadap masyarakat,” jelas Kolonel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Peduli Anak Anak Papua Melalui Program SI IPAR

Papua- Binmas Noken memiliki program pemolisian tradisional, yaitu mengunjungi komunitas masyarakat dan membangun kedekatan dengan tokoh tokoh masyarakat juga dengan kelompok lainnya.

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

Recent Comments