Minggu 26 Mei, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Mako Polres Tolikara Yang baru diresmikan Kapolda Papua

Mako Polres Tolikara Yang baru diresmikan Kapolda Papua

Suaranewspapua.com – Bertempat di Mapolres Tolikara, Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw meresmikan Mako Polres Tolikara, Rabu (30/12).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol. Gatot Aris Purbaya, S.I.K, Kabag Faskon Biro Log Polda Papua AKBP M. Yusuf, Kapolres Tolikara AKBP Drs. Yuvenalis Takamully, SH, MH, Pabung Tolikara diwakili oleh Danramil Karubaga Kapten Inf. R Luberna, SH, Wakil Bupati Tolikara Bpk. Dinus Wanimbo, SH, Ketua DPRD Tolikara Bpk. Arson Wanimbo, S.IP, Para Pimpinan SKPD Pemda Tolikara, Ketua LMA Kabupaten Tolikara Bpk. John Bogom, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kabupaten Tolikara.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kapolres Tolikara yang mengatakan bahwa Mako Polres Tolikara yang baru telah diusulkan dari tahun 2018 dengan nilai biaya pembangunan sebesar 21 Miliar, dan mulai pembangunan pada tahun 2019 yang direncanakan akan selesai pada November 2019 namun pada tanggal 21 Agustus 2019 terjadi insiden yang cukup besar di Jayapura dan Wamena sehingga mengalami keterlambatan dari jadwal yang ditentukan, sehingga dijawalkan ulang akan selesai pada Januari 2020 namun mengalami keterlambatan lagi karena pandemi Covid-19.

Adapun luas pembangunan Mako Polres Tolikara sebesar 775 Meter dan masih ada beberapa fungsi yang tidak bisa mendapatkan bangunan atau ruangan yaitu Satuan Sabhara, Narkoba dan Perencanaan.

Saat ini personel Polres Tolikara sebanyak 196 pers, 542 Kampung, 46 Distrik dengan jumlah penduduk kurang lebih 2,05 ribu. kami hanya memiliki 2 Polsek yaitu Polsek Karubaga dan Polsek Bokondini dengan kekuatan masing-masing sebanyak 14 Polsek dan 12 Personil Pospol Bokondini.

Kami juga bekerjasama membuat terobosan dalam hal mengatasi krisis ekonomi, dengan bekerjasama dengan masyarakat kami memiliki program kampung tangguh dalam jangka panjang dan jangka pendek dimana pada Desember awal kita sudah panen perdana yang dihadirkan oleh Dinas Pertanian. Kami keluarga besar Polres Tolikara mengucapkan selamat Natal tahun 2020 dan menyongsong tahun baru 2021 semoga tuhan selalu menyertai kita sekalian.

Kapolda Papua dalam kesempatanya mengatakan bahwa kondisi saat ini sedang dipengaruhi pandemi covid-19, ia berpesan untuk tetap patuhi ketentuan prokes Covid-19 paling tidak dengan memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan apabila terdapat gejala-gelaja langsung periksa sehingga dapat terselamatkan.

“Saya selaku Kapolda Papua mengapresiasi kepada Bupati Tolikara dan seluruh pihak yang telah turut membantu dan berupaya dengan maksimal hingga rampungnya pembangunan Kantor Polres Tolikara ini. Saya sangat berharap agar Mako ini menjadi tempat yang nyaman, bersahabat dan menjadi tumpuan untuk menyelesaikan masalah-masalah masyarakat, “ ucap Kapolda Papua.

Dalam akhir sambutannya, Kapolda menekankan beberapa hal kepada personil Polres Tolikara yang dianggap perlu untuk dilaksanakan guna meningkatkan kinerja serta pelayanan yang prima terhadap masyarakat dengan dibangunnya Mapolres Tolikara yang baru ini.

Wakil Bupati Kabupaten Tolikara dalam kesempatanya mengatakan, “ di suasana natal ini kita mengucap syukur kepada tuhan karena tuhan baik dalam kehidupan kita masing-masing sehingga dalam kesempatan ini kita bisa kumpul bersama, dengan kesemptan yang sama bapak Kapolda Papua hadir dalam rangka untuk meresmikan Mako Polres Tolikara dalam suasana yang aman.”

Wakil Bupati juga mengucapkan terimakasih sekaligus apresiasi kepada bapak Kapolda karena dalam tahun 2019 Kantor Polres Tolikara sudah dibangun dan akan bermanfaat untuk memberikan pelayanaan kepada masyarakat Tolikara sesuai dengan tupoksi dan tanggung jawabnya.

Terbukti sampai hari ini pelayanan TNI-Polri dalam melayani masyarakat sangat luar biasa dimana Tolikara ini selalu aman. Sinergitas dalam melaksanakan tugas-tugas saya yakin sangat aman dalam menjaga sitkamtibmas dari wilayah-wilayah lainnya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan selamat merayakan Natal tahun 2020 dan menyongsong tahun baru tahun 2021.

“Dengan rahmat Tuhan yang maha kuasa pembangunan Mako Polres Tolikara hari ini saya resmikan dengan tepat pada tanggal 30 Desember kiranya tuhan memberkati, memberikan semangat bagi Kapolres dan seluruh jajaran dalam melayani masyarakat di Kabupaten Tolikara sehingga bisa aman dan terkendali,” ucap Kapolda Papua.

Setelah sambutan, Kapolda Papua menandat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recruitment of Police Members at Papua Regional Police Receives Appreciation from Traditional Leaders

Jayapura- Ramses Wally, one of the leading traditional figures in Papua Province, expressed his appreciation to the Papua Regional Police Chief, Inspector...

Rekrutan Anggota Polri di Polda Papua Mendapat Apresiasi dari Tokoh Adat

Jayapura- Ramses Wally, salah satu tokoh adat terkemuka di Provinsi Papua, memberikan apresiasi kepada Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, dan...

Positive Synergy: Cartenz Peace Ops Public Relations Task Force and Media Crew Build Solid Cooperation Through Gathering Events

Timika - The Cartenz Peace Ops Public Relations Task Force demonstrated its commitment to strengthening solid cooperation and mutual support by holding...

“Sinergi Positif: Satgas Humas Ops Damai Cartenz dan Awak Media Bangun Kerja Sama Solid Melalui Acara Silaturahmi”

Timika - Satgas Humas Ops Damai Cartenz memperlihatkan komitmen dalam memperkuat kerja sama yang solid dan saling mendukung dengan menggelar acara silaturahmi...

Recent Comments