Senin 6 Desember, 2021
Beranda Hukum&Kriminal Dianggap Biang Masalah, OPM Ditolak Keras Masyarakat Papua Nugini

Dianggap Biang Masalah, OPM Ditolak Keras Masyarakat Papua Nugini

suaranewspapua.com. Ternyata, bukan hanya di Indonesia saja Organisasi Papua Merdeka (OPM) ditolak habis-habisan dan diperangi. Ternyata, mereka juga tak diterima di negara tetangga Papua Nugini (PNG).

Hal ini disampaikan tokoh masyarakat perbatasan PNG Ray Tanji, yang mengatakan negaranya tak butuh kehadiran kelompok separatis sejenis OPM. Bahkan, saat OPM diketahui tiba, Ray langsung menghubungi aparat agar kelompok-kelompok teroris itu dipulangkan.

“Saya minta pemerintah Papua Nugini menyingkirkan orang-orang ini, merekalah yang timbulkan banyak masalah di perbatasan,” kata Ray Tanji dalam wawancaranya bersama ABC Pasific Beat.

Sebagai informasi, Tanji adalah tokoh besar masyarakat Wutung, Vanimo, Provinsi West Sepik yang berbatasan langsung dengan distrik Skouw, Jayapura. Tanji meminta aparat PNG untuk menyelidiki kehadiran dan aktivitas elemen separatis Papua Merdeka demi menjaga keamanan warga setempat.

Tanji secara tegas berkata, sudah banyak masyarakat PNG yang menderita akibat ulah OPM, terutama yang tinggal di wilayah perbatasan.

Pada 1 Oktober lalu, dilaporkan adanya kontak senjata antara aparat militer RI dan elemen yang terkait dengan gerakan Papua Merdeka.

Akibat peristiwa itu, pihak berwenang langsung menutup akses perbatasan Indonesia – PNG di Skouw-Wutung, Distrik Muara Tami, Jayapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments