Jumat 19 Juli, 2024
Beranda Pelayanan Genjot Produksi Sagu Nasional, Ini Strategi Pemerintah Jokowi

Genjot Produksi Sagu Nasional, Ini Strategi Pemerintah Jokowi

suaranewspapua.com. jakarta. Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian RI, Musdhalifah Machmud mengakui produksi usaha pengolahan sagu di tanah air masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh produktivitas yang belum merata antara satu provinsi dengan provinsi lainnya.

“Misalnya produktivitas di provinsi Riau itu menjadi yang terbaik sebesar 4,9 ton per ha dalam satu tahun. Sedangkan di provinsi Papua maupun Papua Barat produktivitasnya hanya sebesar 0,43 per ha dalam satu tahun,” ucapnya dalam Webinar Seri 2 Pekan Sagu Nusantara 2020, Senin (07/12).

Anak buah Menko Airlangga ini mengungkapkan, jomplangnya produksi sagu di provinsi Papua maupun Papua Barat akibat sebagian besar lahan sagu berada di lahan adat. Sehingga diperlukan perhatian khusus dari pemerintah untuk meningkatkan produksi sagu di daerah yang dijuluki Mutiara Hitam itu.

“Di antaranya dengan melakukan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan di tanah adat,” terangnya.

Sedangkan, untuk menggenjot produksi sagu secara nasional pemerintah akan menerapkan mekanisasi secara luas. “Cara ini agar dapat meningkat produksi lebih,” jelas dia.

Selain itu, pemerintah juga terus mendorong pelaku industri untuk mengolah Sagu ke dalam barang jadi. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan nilai tambah dari Sagu.

“Seperti di buat Tepung Sagu, Mie Sagu Beras Analog Sagu. Lalu, Pempek Sagu, berbagai Kue Sagu, dan olahan lainnya dari bahan Sagu,” paparnya.

Terakhir, pelaku usaha komoditi Sagu juga diminta berinovasi untuk mampu menghasilkan kemasan produk yang menarik. “Sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk konsumsi Sagu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Мостбет Приложение Apk Для Android а Ios Скачать Версия 202

Мостбет Приложение Apk Для Android а Ios Скачать Версия 2024Скачать Приложение Mostbet Для Android Apk И Ios БесплатноContentПреимущества Использования Приложения МостбетСкачать Mostbet Приложение для...

To quell riots in Puncak Jaya, Cartenz Peace Task Force is deployed

Jayapura- Members of the Cartenz Peace Task Force have arrived in Mulia, Kab. Puncak Jaya, Central Papua to help restore security after.

Redam Kerusuhan di Puncak Jaya, Satgas Damai Cartenz Dikerahkan

Jayapura- Anggota Satgas Damai Cartenz telah tiba di Mulia, Kab. Puncak Jaya, Papua Tengah untuk membantu memulihkan keamanan seusai kerusuhan.

Catholic Religious Figure: There is No Difference in Maintaining Peace

Jayapura - Chairman of the Papuan Catholic Youth, Melianus Asso, expressed his appreciation to the TNI and Polri security forces who have...

Recent Comments