Minggu 26 Mei, 2024
Beranda Ekonomi Bisnis Pemerintah Papua Barat Serius Melakukan Percepatan Pembangunan

Pemerintah Papua Barat Serius Melakukan Percepatan Pembangunan

SuaraNewspapua.com – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengutarakan bahwa pemerintah pusat serius untuk melakukan percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Pada rapat evaluasi kebijakan dan optimalisasi tata kelola Otsus Papua Barat di Manokwari, Kamis, Dominggus mengemukakan bahwa Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, pada 11 Maret 2020, menekankan perlunya evaluasi total penggunaan dana Otsus.

Presiden, kata Dominggus, menginginkan adanya semangat baru, paradigma baru serta cara kerja baru yang lebih efektif untuk menghasilkan lompatan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat di Papua dan Papua Barat.

“Presiden Joko Widodo menegaskan perlu dilakukannya terobosan dalam tata kelola dana otonomi khusus agar pengelolaannya lebih efektif dan benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat,” ucap gubernur.

Menurut gubernur, arahan Presiden pada rapat terbatas itu menjadi penegasan sekaligus mengindikasikan keseriusan pemerintah dalam mempercepat pembangunan serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Terkait pelaksanaan Otsus selama hampir 20 tahun di tanah Papua sudah memberikan banyak sumbangsih kemajuan di berbagai bidang pelayanan dasar.

Secara makro, angka kemiskinan di Papua Barat menurun sejak Tahun 2010. Di sisi lain, indeks pembangunan manusia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

“Infrastruktur perhubungan terus menjadi prioritas, peningkatan kinerja keuangan daerah terus membaik dari tahun ke tahun dan tentu hal ini adalah hasil yang patut untuk kita syukuri,” katanya.

Pada kegiatan itu ia pun menekankan agar peserta rapat memperhatikan pasal 3 kolom empat pada Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2008.

Pasal tersebut menjelaskan bahwa pembiayaan dalam rangka Otsus akan berakhir pada Tahun 2021. Pemerintah saat ini telah mengambil langkah cepat untuk menjembatani hal itu, melalui revisi terbatas.

“Beberapa waktu lalu pemerintah pusat juga menegaskan bahwa status Otsus Papua dan pembiayaannnya tetap dilanjutkan,” sebut gubernur. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recruitment of Police Members at Papua Regional Police Receives Appreciation from Traditional Leaders

Jayapura- Ramses Wally, one of the leading traditional figures in Papua Province, expressed his appreciation to the Papua Regional Police Chief, Inspector...

Rekrutan Anggota Polri di Polda Papua Mendapat Apresiasi dari Tokoh Adat

Jayapura- Ramses Wally, salah satu tokoh adat terkemuka di Provinsi Papua, memberikan apresiasi kepada Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, dan...

Positive Synergy: Cartenz Peace Ops Public Relations Task Force and Media Crew Build Solid Cooperation Through Gathering Events

Timika - The Cartenz Peace Ops Public Relations Task Force demonstrated its commitment to strengthening solid cooperation and mutual support by holding...

“Sinergi Positif: Satgas Humas Ops Damai Cartenz dan Awak Media Bangun Kerja Sama Solid Melalui Acara Silaturahmi”

Timika - Satgas Humas Ops Damai Cartenz memperlihatkan komitmen dalam memperkuat kerja sama yang solid dan saling mendukung dengan menggelar acara silaturahmi...

Recent Comments