Kamis 18 April, 2024
Beranda Agama Kemenag Bangun Laboratorium Keagamaan di Papua

Kemenag Bangun Laboratorium Keagamaan di Papua

suaranewspapua.com. sorong. Dalam rangka memperkuat program Kita Cinta Papua (KCP) Kementerian Agama membangun laboratorium keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Sorong. Peletakkan batu pertama pembangunan gedung ini dilakukan Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani.

“Pendidikan di madrasah tidak hanya transformasi ilmu akan tetapi harus ada proses transformasi nilai,” kata Ramdhani melalui siaran persnya, Minggu (15/11/2020).

Pada acara yang bersamaan Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), serta Kepala Madrasah di Sorong. Ramdhani mengingatkan pentingnya membangun budaya kerja yang transformatif dan humanis.

Menurutnya, guru juga harus mampu berperan sebagai pemimpin. Pemimpin lahir untuk melayani umat. “Dan kepemimpinan yang transformatif adalah dia yang mampu melakukan seluruh kaidah kepemimpinan ketika ada hal yang dipandang perlu dilakukan,” jelasnya.

PTK dan kepala madrasah, lanjut Guru Besar UIN Bandung ini, juga harus mengedepankan sikap humanisme dalam mengajar. Menurutnya, proses pendidikan yang berlangsung di madrasah, harus mampu menampilkan nilai-nilai kemanusiaan.

“Setiap proses kegiatan belajar mengajar di madrasah, jangan sampai menjadi beban tersendiri bagi anak didik kita. Jangan kita bebani anak didik dengan hal yang di luar kemampuan mereka. Esensi dari humanisme adalah menempatkan sesuai pada tempatnya sesuai dengan porsinya,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, wilayah Papua memiliki banyak pulau, juga dengan daerah yang masih ada beberapa yang diakses secara sulit. Maka dari itu, selama tiga hari di Papua, Ramdhani menyapa secara langsung para guru yang berada di bagian Timur Indonesia untuk dilatih kapasitas mereka. Dalam sambutannya, Dhani merasa bangga bertemu dengan para pejuang yang terus melakukan proses pembelajaran ditengah segala keterbatasannya.

“Menyapa anak bangsa di wilayah yang hanya guru yang luar biasa mampu menyapanya. Dan saya senang ketemu bapak dan ibu yang telah melakukan proses pembelajaran,” kata Dhani.

Selain itu, dalam pesannya, bahwa saat ini merupakan era pengetahuan, banyak hal yang harus di update oleh para guru. Sebab, lanjut Dhani, bahwa eksistensi seorang guru ialah tergantung pada kemampuan untuk mengupdate ilmu yang berkembang saat ini.

“Dahulu, Pluto adalah sebuah Planet, namun dengan kemajuan ilmu pengetahuan, maka Pluto di hilangkan, Ia sekarang menjadi sebuah satelit,” katanya.

Maka, lanjutnya jika ilmu pengetahuan tidak di update, sejatinya kematian hakiki dari provesi seorang guru telah menjadi nyata. Sebab, Dhani menjelaskan bahwa hanya orang yang terpelajar hanyalah pemilik masa lalu, “Namun, orang yang terus belajar yang akan menjadi pemiik masa depan,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, para guru dibawah binaan Kemenag ini juga diberikan keterampilan belajar yang menyenangkan ditengah keterbatasan. Selain itu, para guru yang tersebar di wilayah Papua Barat ini juga dibekali keterampilan untuk bisa membuat konten pembelajaran melalui gadget atau handphone secara mudah, sehingga para guru diharapkan mampu berkreasi secara cepat dan mampu mengembangkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Bodies of Police Victims of Persecution in Yahukimo Will Be Buried in Sarmi

Jayapura- The body of Bripda Oktovianus Buara, a victim of compilation by an unknown person (OTK) in...

Jenazah Polisi Korban Penganiayaan di Yahukimo Akan Dimakamkan di Sarmi

ayapura- Jenazah Bripda Oktovianus Buara, korban penganiayaan oleh orang tak dikenal (OTK) di Kabupaten Yahukimo, telah diterbangkan...

Chairman of Barisan Merah Putih Supports and Appreciates Polri’s Recruitment of Bintara in Papua

Jayapura - Max Abner Ohee, as the Chairman of Barisan Merah Putih Republik Indonesia (BMP RI), expressed...

Ketua Barisan Merah Putih Dukung dan Apresiasi Penerimaan Bintara Polri di Papua

Jayapura - Max Abner Ohee, selaku Ketua Barisan Merah Putih Republik Indonesia (BMP RI), menyampaikan dukungan penuhnya...

Recent Comments