Senin 6 Desember, 2021
Beranda Hukum&Kriminal Jika Menyimpang Dari NKRI, RDPU Akan Dibubarkan Bupati Merauke

Jika Menyimpang Dari NKRI, RDPU Akan Dibubarkan Bupati Merauke

suaranewspapua.com. merauke. Majelis Rakyat Papua (MRP) berencana menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dalam rangka evaluasi Otonomi Khusus dengan mendatangkan berbagai perwakilan tokoh Masyarakat Adat dari berbagai wilayah di Papua Selatan.

RDPU ini rencananya dilaksanakan pada 17 November hingga 18 November 2020.

Berdasarkan instruksi Kapolda dan Panglima, Bupati Merauke pung mengingatkan ada 2 hal yang harus dipatuhi para peserta dan panitia RDPU.

Hal pertama adalah harus murni untuk mengevaluasi implementasi otonomi khusus.

“Murni itu artinya bahwa dengan melihat indikator-indikator yang betul-betul diterjemahkan dalam pelaksanakan Otsus,” ucap Bupati Merauke, Frederikus Gebze.

Hal kedua yang harus dipatuhi adalah tidak adanya pernyataan yang menentang dan menyimpang dari NKRI. Sehingga apabila ada pernyataan atau pertanyaan yang bertentangan dengan NKRI pihaknya tak akan segan untuk membubarkan acara.

“Bahwa rapat dengar pendapat umum ini tidak boleh ada pernyataan yang menyimpang dari NKRI, jika ada akan kita bubarkan,” tegasnya.

Bupati Merauke juga mengimbau kepada Majelis Rakyat Papua sebagai penyelenggara dan pihak-pihak yang ikut terlibat dalam RDPU ini agar menjaga jalannya pelaksanaan dengan baik dengan tetap menciptakan situasi yang kondusif.

“Kami minta bahwa wilayah Tanah Anim Ha adalah wilayah NKRI yang kita jaga dengan baik dan RDPU ini adalah bagian terpenting untuk negara menentukan sikap, dalam membangun dan mempercepat menumbuhkan Papua menjadi wilayah yang berlindung di bawah NKRI,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments