Sabtu 18 Mei, 2024
Beranda Pembangunan Pemekaran Distrik Untuk Mempercepat Sesentralisasi

Pemekaran Distrik Untuk Mempercepat Sesentralisasi

suaranewspapua.com. sentani- Pemerintah Kabupaten Jayapura berencana memekarkan sejumlah wilayah distrik. Pemekaran wilayah tersebut untuk mendorong percepatan pembangunan dan desentralisasi atau pelimpahan sebagian kewenangan kepada pemerintah distrik.

“Pemekaran harus dilakukan untuk mencegah ketertinggalan pembangunan (wilayah). Ada sejumlah kampung dan distrik sedang dipersiapkan pemekarannya,” kata Bupati Mathius Awoitauw, Rabu ( 11/11/2020).

Dia mengatakan ada empat wilayah pembangunan berbiaya tinggi akibat faktor geografis di Kabupaten Jayapura. Itu sebabnya desentralisasi mesti dilakukan agar pemerintah distrik lebih leluasa membangun kampung pada wilayah mereka.

“Proses pemekaran harus melibatkan dan berdasarkan kesepakatan seluruh masyarakat di kampung maupun distrik, termasuk masyarakat adat. Wilayah adat itu tidak bisa dimekarkan, tetapi tetap dalam satu kesatuan (kuasa ulayat),” jelas Awoitauw.

Rencana pemekaran distrik telah digulirkan sejak tahun lalu. Pemerintah Kabupaten Jayapura mengusulkan kepada DPRD setempat untuk memekarkan tujuh dari 19 distrik di wilayah mereka.

Bupati Awoitauw pada saat itu menyatakan pemekaran distrik merupakan konsekuensi atau dampak dari laju petumbuhan penduduk di Kabupaten Jayapura. Pemekaran juga untuk pemerataan pembangunan di setiap wilayah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra menambahkan ada belasan kampung siap untuk dimekarkan pada saat ini. Namun, dia tidak merincikan nama kampung tersebut.

“Sebagian kampung sudah ditetapkan sebagai kampung persiapan pemekaran, dan memiliki penjabat (kepala kampung) sementara. (Penjabat tersebut) bertugas mempersiapkan struktur pemerintahan hingga kampung resmi terbentuk,” kata Yarusabra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Criticism of KKB’s Presence by Human Rights Organizations

Papua - Several human rights organizations (HROs) have raised critical voices against the presence of the Armed...

Kritik terhadap Keberadaan KKB oleh Lembaga Hak Asasi Manusia

Papua - Sejumlah lembaga hak asasi manusia (HAM) telah mengangkat suara kritis terhadap keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata...

KKB is at it again by killing a civilian in Intan Jaya

Jayapura – The Armed Criminal Group (KKB) has acted again, this time the Undius Kogoya KKB led by Lewis Kogoya and Enos...

KKB Kembali Berulah Dengan Bunuh Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah, kali ini KKB barisan Undius Kogoya pimpinan Lewis Kogoya dan Enos Tipagau melakukan aksinya...

Recent Comments