Rabu 8 Desember, 2021
Beranda Pembangunan Pemekaran Distrik Untuk Mempercepat Sesentralisasi

Pemekaran Distrik Untuk Mempercepat Sesentralisasi

suaranewspapua.com. sentani- Pemerintah Kabupaten Jayapura berencana memekarkan sejumlah wilayah distrik. Pemekaran wilayah tersebut untuk mendorong percepatan pembangunan dan desentralisasi atau pelimpahan sebagian kewenangan kepada pemerintah distrik.

“Pemekaran harus dilakukan untuk mencegah ketertinggalan pembangunan (wilayah). Ada sejumlah kampung dan distrik sedang dipersiapkan pemekarannya,” kata Bupati Mathius Awoitauw, Rabu ( 11/11/2020).

Dia mengatakan ada empat wilayah pembangunan berbiaya tinggi akibat faktor geografis di Kabupaten Jayapura. Itu sebabnya desentralisasi mesti dilakukan agar pemerintah distrik lebih leluasa membangun kampung pada wilayah mereka.

“Proses pemekaran harus melibatkan dan berdasarkan kesepakatan seluruh masyarakat di kampung maupun distrik, termasuk masyarakat adat. Wilayah adat itu tidak bisa dimekarkan, tetapi tetap dalam satu kesatuan (kuasa ulayat),” jelas Awoitauw.

Rencana pemekaran distrik telah digulirkan sejak tahun lalu. Pemerintah Kabupaten Jayapura mengusulkan kepada DPRD setempat untuk memekarkan tujuh dari 19 distrik di wilayah mereka.

Bupati Awoitauw pada saat itu menyatakan pemekaran distrik merupakan konsekuensi atau dampak dari laju petumbuhan penduduk di Kabupaten Jayapura. Pemekaran juga untuk pemerataan pembangunan di setiap wilayah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra menambahkan ada belasan kampung siap untuk dimekarkan pada saat ini. Namun, dia tidak merincikan nama kampung tersebut.

“Sebagian kampung sudah ditetapkan sebagai kampung persiapan pemekaran, dan memiliki penjabat (kepala kampung) sementara. (Penjabat tersebut) bertugas mempersiapkan struktur pemerintahan hingga kampung resmi terbentuk,” kata Yarusabra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Peduli Anak Anak Papua Melalui Program SI IPAR

Papua- Binmas Noken memiliki program pemolisian tradisional, yaitu mengunjungi komunitas masyarakat dan membangun kedekatan dengan tokoh tokoh masyarakat juga dengan kelompok lainnya.

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

Recent Comments