Jumat 19 April, 2024
Beranda Pembangunan Pemekaran Distrik Untuk Mempercepat Sesentralisasi

Pemekaran Distrik Untuk Mempercepat Sesentralisasi

suaranewspapua.com. sentani- Pemerintah Kabupaten Jayapura berencana memekarkan sejumlah wilayah distrik. Pemekaran wilayah tersebut untuk mendorong percepatan pembangunan dan desentralisasi atau pelimpahan sebagian kewenangan kepada pemerintah distrik.

“Pemekaran harus dilakukan untuk mencegah ketertinggalan pembangunan (wilayah). Ada sejumlah kampung dan distrik sedang dipersiapkan pemekarannya,” kata Bupati Mathius Awoitauw, Rabu ( 11/11/2020).

Dia mengatakan ada empat wilayah pembangunan berbiaya tinggi akibat faktor geografis di Kabupaten Jayapura. Itu sebabnya desentralisasi mesti dilakukan agar pemerintah distrik lebih leluasa membangun kampung pada wilayah mereka.

“Proses pemekaran harus melibatkan dan berdasarkan kesepakatan seluruh masyarakat di kampung maupun distrik, termasuk masyarakat adat. Wilayah adat itu tidak bisa dimekarkan, tetapi tetap dalam satu kesatuan (kuasa ulayat),” jelas Awoitauw.

Rencana pemekaran distrik telah digulirkan sejak tahun lalu. Pemerintah Kabupaten Jayapura mengusulkan kepada DPRD setempat untuk memekarkan tujuh dari 19 distrik di wilayah mereka.

Bupati Awoitauw pada saat itu menyatakan pemekaran distrik merupakan konsekuensi atau dampak dari laju petumbuhan penduduk di Kabupaten Jayapura. Pemekaran juga untuk pemerataan pembangunan di setiap wilayah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra menambahkan ada belasan kampung siap untuk dimekarkan pada saat ini. Namun, dia tidak merincikan nama kampung tersebut.

“Sebagian kampung sudah ditetapkan sebagai kampung persiapan pemekaran, dan memiliki penjabat (kepala kampung) sementara. (Penjabat tersebut) bertugas mempersiapkan struktur pemerintahan hingga kampung resmi terbentuk,” kata Yarusabra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Polda Papua Recruit 2,000 National Police, Secretary General of BMP-RI Gives Appreciation and Pays Attention to Quality

Jayapura- Secretary General of BMP-RI Ali Kabiay expressed his appreciation to the Papua Regional Police for the opportunity given to young Papuans...

Polda Papua Rekrut 2.000 Bintara Polri, Sekjen BMP-RI Berikan Apresiasi Dan Perhatikan Kualitas

Jayapura- Sekjen BMP-RI Ali Kabiay memberikan Apresiasi kepada Polda Papua atas kesempatan yang diberikan kepada Anak-anak Muda Papua atau Anak asli Papua...

Bodies of Police Victims of Persecution in Yahukimo Will Be Buried in Sarmi

Jayapura- The body of Bripda Oktovianus Buara, a victim of compilation by an unknown person (OTK) in...

Jenazah Polisi Korban Penganiayaan di Yahukimo Akan Dimakamkan di Sarmi

ayapura- Jenazah Bripda Oktovianus Buara, korban penganiayaan oleh orang tak dikenal (OTK) di Kabupaten Yahukimo, telah diterbangkan...

Recent Comments