Jumat 4 Desember, 2020
Beranda Keamanan dan Ketertiban Polisi di Papua Tingkatkan Kewaspadaan Jelang HUT OPM

Polisi di Papua Tingkatkan Kewaspadaan Jelang HUT OPM

Suaranewspapua.com,Timika – jajaran Kepolisian Resor (Polres) Mimika meningkatkan kewaspadaan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember dan 10 Desember 2018 mendatang.

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto di Timika, Jumat (16/11/2018) mengatakan, meski pengamanan akan ditingkatkan namun masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir atau resah dengan tetap melakukan aktivitas normal sebagaimana biasanya.

“Kita semua berharap tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan bersama. Masyarakat tidak perlu khawatir atau resah berlebihan,” kata AKBP Agung.

Menurutnya, kesiapsiagaan aparat TNI dan Polri termasuk masyarakat sangat diperlukan mengingat kelompok separatis tersebut selalu memanfaatkan momentum untuk menunjukan eksistensinya.

Sebagai contoh, katanya, bertepatan dengan peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus lalu, Kelompok Kriminal Bersenjata/KKB melakukan teror penembakan terhadap kendaraan PT Freeport Indonesia di sekitar Mil 66, Distrik Tembagapura yang mengakibatkan seorang karyawan (sopir) terluka.

Khusus di area Freeport, pengamanan dilakukan oleh aparat Polri dan TNI yang tergabung dalam Satgas Amole. “Kalau memang dibutuhkan, kami akan memback-up rekan-rekan Satgas Amole untuk meningkatkan kewaspadaan,” sebut Agung.

Aksi kekerasan kerap dilancarkan oleh kelompok kriminal bersenjata di sejumlah wilayah Papua akhir-akhir. Rangkaian aksi terjadi di Puncak Jaya, Nduga, Puncak dan Lanny Jaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Moeldoko : Membangun Papua Pentingnya Menjaga Kondusifitas Keamanan

suaranewspapua.com. jakarta. Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko mengklaim kalau ada kelompok yang justru ingin mengganggu di Papua. Hal itu yang membuat konflik...

Soal Deklarasi Beny Wenda, GOLKAR : Dunia Internasional Tetap Akui Papua Bagian Dari Indonesia

suaranewspapua.com. Jakarta.- United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) pimpinan Benny Wenda mendeklarasikan pemerintahan sementara Papua secara sepihak. Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar, Christina...

Soal Deklarasi Dari ULMWP, Masyarakat Papua Tak Terlalu Gubris

suaranewspapua.com. ULWMP atau United Liberation Movement for West Papua pimpinan Benny Wenda mengumumkan pemerintahan pembentukan sementara Papua Barat secara sepihak. Kondisi Papua saat ini masih...

Soal Pemerintah Sementara Papua Barat, TPNPB-OPM TOLAK Benny Wenda

suaranewspapua.com. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyampaikan mosi tidak percaya kepada Benny Wenda, Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat (ULMWP).

Recent Comments