Selasa 7 Desember, 2021
Beranda Keamanan dan Ketertiban Polisi Antisipasi Peredaran Miras Di Wamena Jelang Natal

Polisi Antisipasi Peredaran Miras Di Wamena Jelang Natal

suaranewspapua.com. WAMENA- Personel Kepolisian Resor Jayawijaya, Polda Papua sudah disiagakan untuk mencegah peredaran minuman beralkohol baik oplosan maupun minuman keras berlabel, jelang hari Natal dan tahun baru 2021.

Kapolres Jayawijaya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dominggus Rumaropen di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu (4/11) mengatakan, minuman keras menjadi pemicu konflik sehingga dalam rangka Natal dan tahun baru polisi meningkatkan razia ke tempat-tempat yang berpotensi sebagai titik produksi minuman keras.

“Saya imbau, kalau pembuat minuman beralkohol tertangkap, dia akan merayakan tahun baru di dalam lembaga pemasyarakatan (LP) karena kami akan proses hukum, tidak akan dibebaskan, sebab minuman keras itu pemicu konflik di akhir tahun,” kata Dominggus seperti dikutip dari Antara.

Dominggus mengatakan, sebanyak 16 orang pembuat minuman keras oplosan yang diringkus polisi sudah diproses hingga tahap dua ke pengadilan, dengan penerapan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan agar sanksinya efektif atau memberikan efek jera.

Menurut polisi, tingkat kejahatan biasa meningkat pada bulan-bulan memasuki akhir tahun seperti November hingga Desember dan mereka sudah siap mengimbangi dengan razia. Razia yang dilakukan Polres Jayawijaya melibatkan kekuatan peleton.

Ia memastikan Jayawijaya sebagai sentral perekonomian, pemerintahan untuk beberapa kabupaten di wilayah pegunungan sehingga akan mendorong banyaknya aktivitas masyarakat.

“Biasanya mobilitas akhir tahun yang juga jelang hari raya yang tinggi, bisa memicu munculnya gangguan kamtibmas, seperti jambret, pencurian sehingga kami tetap mengimbanginya dengan meningkatkan kegiatan kepolisian,” kata dia.

Jayawijaya merupakan sentral perekonomian sebab hingga kini sebagian besar kebutuhan sembilan bahan pokok yang diangkut ke daerah pegunungan tengah dengan pesawat. Bahan pokok tersebut diangkut melalui Bandara Wamena, lalu didistribusikan lagi dengan mobil ke Kabupaten Lanny Jaya, Tolikara, Mamberamo Tengah, bahkan Kabupaten Yalimo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments