Kamis 2 Desember, 2021
Beranda Hukum&Kriminal Polisi Lidik Akun Penyebar Postingan Penembakan Mahasiswa

Polisi Lidik Akun Penyebar Postingan Penembakan Mahasiswa

suaranewspapua.com. JAYAPURA- Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas menegaskan akan memperoses hukum pemilik akun yang menyebarkan berita hoax terkait adanya mahasiswa yang menjadi korban penembakan aparat dalam demo tolak Otsus di Kota Jayapura, Selasa (27/10/2020). Hal ini diungkapkan Gustav saat dikonfirmasi, Jumat (30/10/2020).

“Tidak benar kalau ada salah satu pendemo terkena tembakan peluru, karena dari pada penanganan unjuk rasa kami tidak menggunakan peluru karet maupun peluru tajam namun hanya menggunakan gas air mata, tameng, tongkat dan water canon,” kata Gustav.

Dikatakan Gustav, saat ini pihaknya sementara masih dalam penyelidikan untuk mengusut postingan tersebut. Gustav menjelaskan, jika dilihat dari luka fisik itu adalah luka ringan di atas kulit, sehingga sangat tidak mungkin itu terluka karena peluru entah karet maupun tajam.

Dirinya menduga luka yang dialami si mahasiswa bersangkutan,  bisa jadi akibat terjatuh atau menabrak sesuatu,  dan kemungkinan terakhir adalah terkena pecahan gas air mata (flassball) saat kejadian.

“Tapi kami mendapat informasi yang cukup akurat, bahwa yang bersangkutan saat itu panik bersama rekannya waktu ada pembubaran dengan gas air mata dan semprotan water canon lalu lari dan menabrak pagar kemudian mengalami cedera”.

“Kita sudah profeling terkait postingan ini dan akan ditindak lanjuti, apabila nyata-nyata memang cukup memenuhi unsur pidana maka pihaknya akan melanjutkan dengan penyidikan supaya tidak menjadi kebiasaan,”timpalnya.

Ia pun menuturkan, kalau ada korban, tempat melapor yang tepat adalah di kantor kepolisian,  bukan pergi menghilang sendiri lalu membuat postingan yang belum tentu kebenarannya.

“Cara ini sering terjadi dan apabila terjadi di wilayah Polresta kita tidak akan tinggal diam, kita akan selidiki dan ditindak sehingga tidak ada lagi kedepannya untuk membuta postingan-postingan yang dapat menciptakan hoax,”pungkasnya. .

Selanjutnya sebagai kapolresta yang bertanggung jawab atas kamtibmas di Kota Jayapura, sudah dikeluarkan imbauan  sejak bulat Maret 2020, untuk tidak melakukan aksi unjuk rasa karena sedangan pandemi Covid-29.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang HUT OPM Polri Lakukan Patroli Skala Besar di Maybrat

Manokwari. Dansat Brimob Polda Papua Papua Barat, Kombes pol. Semmy Ronny Thabaa., dalam keterangannya kepada wartawan mengungkapkan, satuan gabungan melakukan operasi berskala...

Polri Pastikan Keamanan Terjaga Saat HUT OPM 1 Desember

Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia memastikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terkait dengan adanya kegiatan peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM),...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Pesan Tokoh Agama Papua

Jayapura – Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2022, Tokoh Agama Papua Bapak Pdt. M.P.A Mauri, S.Th, mengajak seluruh Masyarakat Papua...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES YAHUKIMO RINGKUS DEMIUS MAGAYANG PENTOLAN KKB YAHUKIMO

Jayapura – Pada hari Sabtu tanggal 27 November 2021 Pukul 10.40 Wit, bertempat diseputaran PT Indopapua Jalan Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo,...

Recent Comments