Minggu 26 Mei, 2024
Beranda Pariwisata Pekan Sagu Nusantara 2020 Resmi Dibuka Hari Ini

Pekan Sagu Nusantara 2020 Resmi Dibuka Hari Ini

suaranewspapua.com. Pekan Satu Nusantara 2020 berupaya mengangkat sagu sebagai bahan pangan pokok yang bisa unggul di Indonesia bahkan di luar negeri.

Sagu merupakan komoditas strategis yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di Papua.

Acara pembukaan Pekan Sagu Nusantara dilaksanakan secara daring pada Selasa (20/10/2020) pukul 13.00 WIB.

Acara ini dihadiri undangan antara lain Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Masyarakat jangan bergantung hanya pada beras sebagai sumber utama pangan nasional, mulai saat ini kita akan berupaya bekerja bersama untuk mewujudkan sagu sebagai salah satu pangan utama di beberapa wilayah-wilayah di Indonesia,” jelas Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud dalam EXPO Pekan Sagu Nusantara melalui siaran langsung dari YouTube, Selasa (20/10/2020).

Ia juga menjelaskan dalam rangka mendorong pengembangan sagu nasional, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait, pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Beserta Badan Urusan Logistik (Bulog), pelaku usaha sagu menyelenggarakan Pekan Sagu Nusantara (PSN) 2020 dengan tema Sagu Pangan Sehat untuk Indonesia Maju.

Acara PSN 2020 ini dilakukan serentak di beberapa lokasi yaitu kantor Kemenko Perekonomian dan 13 provinsi sentra penghasil sagu Indonesia.

Tiga belas provinsi yang dimaksud antara lain Luwu Utara, Kabupaten Mappi (Papua), Kabupaten Jayapura (Papua), Kabupaten Teluk Bintuni (Papua Barat), Kabupaten Sorong Selatan (Papua Barat), dan Kabupaten Kaimana (Papua Barat).

Kemudian Kabupaten Konawe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Tapin, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kepulauan Mentawai (Sumbar), dan Kabupaten Lingga (Kepri).

Beberapa tempat penyelenggaraan akan memamerkan produk olahan sagu unggulan dari masing-masing daerah, contohnya mi sagu kapurung dan sinole dari Luwu Utara.

“Tujuan penyelenggaraan PSN 2020 adalah pertama untuk menyosialisasikan sagu nusantara kepada masyarakat. Bahwa sagu adalah salah satu pangan sehat untuk rakyat Indonesia,” jelas Musdhalifah.

Kedua ia juga menjelaskan, tujuan acara ini untuk menggali potensi bisnis sagu nusantara, bukan hanya sebagai pangan melainkan juga ketahanan energi.

“Karena sagu merupakan salah sagu sumber yang dapat menghasilkan etanol untuk mensubstitusi bahan bakar fosil kita dari premium yang sekarang realisasinya masih 0 persen,” jelasnya.

“Bagi Provinsi Papua Pekan Sagu Nusantara 2020 yang dilaksanan hari ini bukan hanya sekedar suatu acara atau ajang promosi. Namun lebih dari pada itu, merupakan suatu bentuk pengakuan dan penghargaan negara,” papar Gubernur Papua Lukas Enembe yang memberi sambutan melalui video.

Ia juga mengungkapkan bahwa sagu merupakan identitas orang Papua dan berkaitan erat dengan sosial-budaya masyarakat Papua.

“Pekan Sagu Nusantara 2020 diharapkan menjadi momentum sebagai gerakan awal kerja sama dari pelaku sagu dari hulur ke hilir sampai mencapai kesejahteraan masyarakat Papua,” papar Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Acara pembukaan ini juga diikuti dengan peluncuran produk Sago Mee. Selain itu, Pekan Sagu Nusantara 2020 juga dimeriahkan pemecahan rekor MURI yaitu makan olahan sagu secara serentak di 14 provinsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recruitment of Police Members at Papua Regional Police Receives Appreciation from Traditional Leaders

Jayapura- Ramses Wally, one of the leading traditional figures in Papua Province, expressed his appreciation to the Papua Regional Police Chief, Inspector...

Rekrutan Anggota Polri di Polda Papua Mendapat Apresiasi dari Tokoh Adat

Jayapura- Ramses Wally, salah satu tokoh adat terkemuka di Provinsi Papua, memberikan apresiasi kepada Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, dan...

Positive Synergy: Cartenz Peace Ops Public Relations Task Force and Media Crew Build Solid Cooperation Through Gathering Events

Timika - The Cartenz Peace Ops Public Relations Task Force demonstrated its commitment to strengthening solid cooperation and mutual support by holding...

“Sinergi Positif: Satgas Humas Ops Damai Cartenz dan Awak Media Bangun Kerja Sama Solid Melalui Acara Silaturahmi”

Timika - Satgas Humas Ops Damai Cartenz memperlihatkan komitmen dalam memperkuat kerja sama yang solid dan saling mendukung dengan menggelar acara silaturahmi...

Recent Comments