Sabtu 4 Desember, 2021
Beranda Pembangunan Presiden Jokowi Dinilai Bawa Harapan dan Kemajuan Papua

Presiden Jokowi Dinilai Bawa Harapan dan Kemajuan Papua

suaranewspapua.com. Presiden Joko Widodo dinilai membawa harapan dan kemajuan Papua. Di tengah masih munculnya berita negatif di Papua, pemerintah pusat tetap memberi perhatian positif bagi Bumi Cenderawasih ini.

Hal itu dibenarkan Tokoh Pemuda Papua Izak R Hikoyabi dalam webinar Tim Amerop bekerja sama dengan Perhimpunan Eropa untuk Indonesia Maju (PETJ) bertema ”In The Eyes of Young Papuan”, Sabtu (17/10/2020).

“Keluasan mengelola anggaran bagi Pemerintah Papua, yaitu adanya dana otonomi khusus Papua dari awal sampai 2020 senilai Rp 126,99 triliun,” ujarnya.

Izak menilai, ini merupakan upaya positif yang dilakukan pemerintah, meskipun perlu adanya evaluasi secara menyeluruh terkait anggaran yang besar ini.

Menurutnya, langkah Jokowi sudah efektif dengan melakukan pendekatan dialog guna mengurai persoalan dan merumuskan solusi alternatif.

Dan yabg tak kalah pentingnya, tetap menjalankan kebijakan sebelumnya seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengedepankan pendekatan kesejahteraan dibandingkan pendekatan keamanan.

“Bisa dihitung, Jokowi datang ke Papua bisa sampai 15 kali bahkan lebih. Komunikasi seperti ini diapresiasi. Terlebih lagi dengan adanya Inpres (Instruksi Presiden) nomor 9 tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Papua Barat, serta Keppres (Keputusan Presiden) nomor 20 tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan di Propinsi Papua dan Papua Barat,” paparnya.

Ia menambahkan, sejumlah langkah strategis tersebut telah membawa perubahan pada Papua seperti infrastruktur, pendidikan, sosial, ekonomi dan lainnya. Meski begitu, dana Otsus harus dievaluasi.

“Anak Papua harus diberikan kesempatan seluas-luasnya dalam bidang pendidikan untuk membangun Papua lebih baik,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Jelang HUT OPM Polri Lakukan Patroli Skala Besar di Maybrat

Manokwari. Dansat Brimob Polda Papua Papua Barat, Kombes pol. Semmy Ronny Thabaa., dalam keterangannya kepada wartawan mengungkapkan, satuan gabungan melakukan operasi berskala...

Polri Pastikan Keamanan Terjaga Saat HUT OPM 1 Desember

Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia memastikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terkait dengan adanya kegiatan peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM),...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Pesan Tokoh Agama Papua

Jayapura – Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2022, Tokoh Agama Papua Bapak Pdt. M.P.A Mauri, S.Th, mengajak seluruh Masyarakat Papua...

Recent Comments