Jumat 4 Desember, 2020
Beranda Pelayanan Kebutuhan Listrik Masyarakat Wamena Terpenuhi Dengan Penambahan Enam Pembangkit Listrik Baru

Kebutuhan Listrik Masyarakat Wamena Terpenuhi Dengan Penambahan Enam Pembangkit Listrik Baru

suaranewspapua.com. Enam unit mesin pembangkit listrik baru di Wamena, telah didatangkan dari Manokwari Provinsi Papua Barat.

Penambahan mesin pembangkit ini dilkakukan oleh PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Wamena untuk memaksimalkan harapan dan kebutuhan masyarakat. 

Manajer PLN UP3 Wamena Robert Mofu di Wamena Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Minggu (18/10/2020) mengatakan, mesin pembangkit yang sudah dipasang itu akan membantu pembangkit jenis air yang sedang beroperasi.

“Kini listrik cukup tersedia karena kita memiliki dua jenis pembangkit, yaitu dari diesel dan air. Kalau diesel kita yang paling besar itu 700 KW, terus di bawahnya ada yang 500 KW,” katanya.

Dirinya menjelaskan, total kapasitas pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Jayawijaya mendekati 4 MW. Hanya saja terkadang mengalami hambatan akibat cuaca atau ketersediaan air di Sungai Welesi, termasuk aktivitas masyarakat di sekitar.

“Kita berharap masyarakat yang punya wilayah di sekitar Welesi, harus menjaga alam di sekitar agar curah hujan jangan sampai mengganggu operasional kelistrikan, walaupun kita tidak bisa larang aktivitas mereka,” ujar Robert.

Dengan tambahan mesin pembangkit diesel dan pembangkit air, pihak PLN memastikan layanan kelistrikan untuk wilayah Jayawijaya tercukupi hingga hari raya natal dan tahun baru pada Desember.

Ia mengatakan curah hujan jelang akhir tahun sangat cukup sehingga akan sangat membantu pembangkit listrik tenaga air yang ada.

“Pembangkit listrik ini tidak ada masalah dan kita yakin sampai Desember listrik cukup kuat, sebab total daya mampu 8-9 MW, sementara beban puncak kita di Wamena sekitar 7 MW,” katanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Moeldoko : Membangun Papua Pentingnya Menjaga Kondusifitas Keamanan

suaranewspapua.com. jakarta. Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko mengklaim kalau ada kelompok yang justru ingin mengganggu di Papua. Hal itu yang membuat konflik...

Soal Deklarasi Beny Wenda, GOLKAR : Dunia Internasional Tetap Akui Papua Bagian Dari Indonesia

suaranewspapua.com. Jakarta.- United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) pimpinan Benny Wenda mendeklarasikan pemerintahan sementara Papua secara sepihak. Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar, Christina...

Soal Deklarasi Dari ULMWP, Masyarakat Papua Tak Terlalu Gubris

suaranewspapua.com. ULWMP atau United Liberation Movement for West Papua pimpinan Benny Wenda mengumumkan pemerintahan pembentukan sementara Papua Barat secara sepihak. Kondisi Papua saat ini masih...

Soal Pemerintah Sementara Papua Barat, TPNPB-OPM TOLAK Benny Wenda

suaranewspapua.com. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyampaikan mosi tidak percaya kepada Benny Wenda, Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat (ULMWP).

Recent Comments