Selasa 7 Desember, 2021
Beranda Pelayanan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 Diklaim Lindungi Hak Adat

Inpres Nomor 9 Tahun 2020 Diklaim Lindungi Hak Adat

suaranewspapua.com. JAYAPURA- Pemerintah Kabupaten Jayapura menilai Instruksi Presiden tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat sangat berpihak kepada kepentingan masyarakat adat. Beleid tersebut menjamin dan melindungi hak masyarakat adat dalam mengelola sumber daya alam setempat.

“Pemerintah daerah langsung menyosialisasikannya guna menerima masukan dari berbagai kalangan. Ini pertama kali dilakukan di Papua maupun Papua Barat,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura Jhon Tegai, seusai diskusi kelompok terarah (FGD), Selasa (13/10/2020).

FGD mengenai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tersebut diselenggarakan Bappeda Kabupaten Jayapura. Mereka menghadirkan para pemangku kepentingan, termasuk tokoh adat dan tokoh agama.

“Inpres Nomor 9 Tahun 2020 merupakan transformasi (pelaksanaan) dari Undang Undang Otonomi Khusus Papua. Inpres ini menjamin kebebasan masyarakat adat dalam mengelola sumber daya alam,” jelas Tegai.

Ada banyak masukan dari para pemangku kepentingan mengenai inpres tersebut dalam FGD kali ini. Pemerintah setempat akan membentuk tim terpadu untuk menindaklanjutinya.

“Beberapa masukan penting telah kami akomodasi. Itu akan diintegrasikan pada Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jayapura,” lanjut Tegai.

Kepala Dinas Kehutanan Papua Yan Yap Ormuserai menambahkan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 memberi porsi besar terhadap pembangunan berkelanjutan. “Pemerintah melihat aspek lingkungan juga sangat penting dalam pembangunan. Kawasan konservasi juga ditempatkan pada posisi tinggi (mendapat prioritas) perhatian pada inpres tersebut.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments