Selasa 20 Oktober, 2020
Beranda Ekonomi Bisnis Kemenkop UKM Tumbuhkan Kewirausahaan Pemuda Papua

Kemenkop UKM Tumbuhkan Kewirausahaan Pemuda Papua

suaranewspapua.com. JAYAPURA- Kementerian Koperasi dan UKM mendorong kalangan pemuda Papua bisa bergerak aktif sebagai berwirausaha di masa pandemi covid-19. Pelatihan pun digelar untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas para calon entrepreneur.
 
“Diharapkan mereka termotivasi dan tergerak untuk segera memulai sebuah usaha melalui kegiatan ini,” ujar ungkap Kasubid Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Triyanto melalui keterangan tertulis, Senin, 12 Oktober 2020.
 
Triyanto menuturkan upaya peningkatan kapasitas dan kualitas pelaku UMKM di Kota Jayapura seluruhnya berjumlah tiga angkatan dengan total peserta sebanyak 160 orang. Rinciannya sebanyak 100 orang peserta pemasyarakatan kewirausahaan dan 60 orang peserta pelatihan kewirausahaan bagi pemuda.

“Kita asumsikan saja dari 160 orang peserta ini nantinya 50 persen yang sukses mengembangkan usaha pascapelatihan ini, berarti program pelatihan ini berhasil,” ujarnya.
 
Evaluasi atas pelaksanaan pelatihan bakal dilakukan termasuk bagaimana dengan identifikasi dan kurasi pesertanya apakah sudah sesuai atau belum. Pendamping bakal terus diberikan hingga kegiatan usaha berkembang secara mandiri.
 
“Saya berharap bahwa pada kegiatan pemasyarakatan kewirausahaan ini dapat memotivasi para pemuda dan pemudi Papua untuk segera memulai sebuah rintisan usaha dan pada kegiatan pelatihan dapat menjadi ajang bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru agar tetap survival dan bisa naik kelas,” papar Triyanto.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Doren Wakerkwa menambahkan bahwa semangat wirausaha di kalangan pemuda merupakan kunci dalam peningkatan ekonomi di Papua. Dibutuhkan peningkatan inovasi dan sinergitas untuk terus menumbuhkan dan membumikan jiwa entrepreneurship.
 
“Saya mengapresiasi Kementerian Koperasi dan UKM yang telah memberikan support dalam penumbuhan dan pengembangan wirausaha khususnya generasi milenial di tanah Papua,” ucap Doren.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Polri Sambangi Masyarakat Distrik Balingga Sampaikan Pesan Kamtibmas

suaranewspapua.com. TIOM- Di Pasar Kota Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Binmas Noken Polri, Polres Lany Jaya melaksanakan kegiatan sambang Kamtibmas kepada masyarakat Distrik...

Kebutuhan Listrik Masyarakat Wamena Terpenuhi Dengan Penambahan Enam Pembangkit Listrik Baru

suaranewspapua.com. Enam unit mesin pembangkit listrik baru di Wamena, telah didatangkan dari Manokwari Provinsi Papua Barat. Penambahan mesin pembangkit...

Kepala Suku Besar Doreri Ingatkan Masyarakat Tolak Ajakan Naikkan Bendera Bintang Kejora

suaranewspapua.com. MANOKWARI- Kepala Suku Besar Doreri, Gaad Hendrik Rumfabe.SH.MSi, dengan tegas  menyerukan agar komponen masyarakat Manokwari di wilayah Doreri, tidak mudah terprovokasi...

Kebakaran Bekas Kantor Dukcapil Deiyai Papua Diselidiki Polisi

suaranewspapua.com. JAYAPURA- Polisi selidiki kebakaran bekas kantor lama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua. Kebakaran...

Recent Comments