Rabu 8 Desember, 2021
Beranda Hukum&Kriminal Polda Papua: Situasi Terkendali Pasca-penembakan TGPF Intan Jaya Oleh KKB

Polda Papua: Situasi Terkendali Pasca-penembakan TGPF Intan Jaya Oleh KKB

suaranewspapua.com. JAYAPURA- Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Papua Komisaris Besar Ahmad Musthofa Kamal mengatakan telah terjadi penembakan terhadap rombongan  Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Jumat, 9 Oktober 2020.

Penembakan terjadi di Kampung Mbomogoh Sugapa, Kabupaten Intan Jayapada pada  pukul 15.45 WIT. Atas kejadian itu, ujar dia, dua orang terkena tembakan. Yakni, Sosiolog Universitas Gadjah Mada Bambang Purwoko dan anggota TNI Sersan Satu Faisal dari Satuan Tugas Aparat Teritorial.

Bambang terkena tembakan di kaki kirinya dan Faisal di bagian tubuh sebelah kiri. “Selanjutnya kedua korban dievakuasi ke RSUD Sugapa untuk mendapatkan perawatan medis,” ujar Musthofa dalam keterangan persnya. 

Awalnya, kata dia, TGPF tiba di Kabupaten Intan Jaya pada 8 Oktober 2020. Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di ruang Rapat Kantor Bupati Intan Jaya.

Memasuki hari selanjutnya, TGPF Intan Jaya kembali dari tempat kejadian perkara penembakan Pendeta Yeremia Zanambani di Distrik Hitadipta menuju ke Distrik Sugapa. Tepat di Mbomogoh, Distrik Sugapa, tim ditembaki oleh KKB sehingga terjadi kontak tembak dengan tentara yang mengawal.

Menurut Musthofa dua korban telah mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah Sugapa. Situasi di sekitar Distrik Sugapa pasca kejadian diklaim aman terkendali. Adapun tindakan kepolisian yang dilakukan adalah menerima laporan, mengecek korban ke RSUD Sugapa, dan melakukan pengejaran terhadap KKB yang melakukan penembakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Peduli Anak Anak Papua Melalui Program SI IPAR

Papua- Binmas Noken memiliki program pemolisian tradisional, yaitu mengunjungi komunitas masyarakat dan membangun kedekatan dengan tokoh tokoh masyarakat juga dengan kelompok lainnya.

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

Recent Comments