Senin 6 Desember, 2021
Beranda Pelayanan Launching Mesin ADM, Salah Satu Hadiah untuk Masyarakat di Momen HUT ke-24...

Launching Mesin ADM, Salah Satu Hadiah untuk Masyarakat di Momen HUT ke-24 Kabupaten Mimika

suaranewspapua.com. TIMIKA- Di momen HUT ke-24 hari ini, Kamis (8/10) Kabupaten Mimika melaunching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Kehadiran mesian ADM ini menjadi wujud nyata dari visi dan misi Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Johannes Rettob yang menjadikan Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera.

Mesin ADM ini juga merupkan salah satu hadiah pemerintah daerah kepada masyarakat sebagai upaya mendekatkan pelayanan secara langsung kepada masyarakat.

Keberadaan mesin ADM juga sebagai bentuk program smart city dan digitalisasi pelayanan publik guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan membahagiakan warga Mimika.

Peresmian dilakukan oleh Wakil Bupati Johannes Rettob didampingi Kepala Dinas Slamet Sutejo, Ketua Komisi A DPRD Daud Bunga dan disaksikan sejumlah asisten, staf ahli dan kepala dinas serta tamu undangan lainnya di Gedung A Sentral Pemerintahan.

Launching ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Johannes Rettob yang dilanjutkan dengan pengoperasian mesin ADM olehnya dengan mencetak Kartu Keluarga.

“Terimakasih atas perhatian ini untuk masyarakat. Kapan saja adminduk kita bisa dicetak dengan mesin ini tanpa harus menunggu lama. Sekarang KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, akta Kematian dan KIA, langsung bisa dicetak hanya dalam beberapa menit,” ungkap Wabup John diiringi tepuk tangan semua yang hadir.

Wabup mengatakan suatu karya besar yang dibuat negara adalah bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Dulu mengurus KTP dan lainnya rumit dan berbelit-belit. Sekarang mengurus adminduk sangat mudah. Saya sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada kepala dinas dan semua pegawai dukcapil atas apa yang kalian hadirkan untuk masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya apa yang dilakukan Mimika saat ini dalam layanan adminduk, dicontohi oleh kabupaten kota di Papua.

“ADM ini satu-satunya di Indonesia timur. Ini persembahan pemerintah daerah untuk masyarakat. Saya berharap kita semua harus punya kreasi, bagaimana caranya memberikan pelayanan termuda dengan inovasi dan regulasi yang mudah,” harapnya.

Menurut Wabup John, inovasi pelayanan ini juga sangat mendukung Mimika menuju smart city. Salah satu bentuk smart city adalah smart people.

“Saya berharap semua pimpinan OPD punya kreasi dan inivasi lebih dalam membangun Mimika dan mendekatkan pelayanan secara langsung kepada masyarakat,” harapnya di momen HUT ini.

Wabup kembali menyampaikan bahwa kehadiran ADM merupakan salah satu bentuk pelayanan yang luar biasa karena ini juga menjadwab kecepatan dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Selamat Hari Ulang Tahun Mimika ke-24 untuk kita semua. Mari, dengan segala kemampuan dan inovasi yang ada, kita lakukan untuk melayani masyarakat. Tunjukan bahwa kita ada. Mari bersama-sama kita dukung visi misi bupati dan wakil dalam menciptakan Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera,” tutup Wabup John Rettob.

Pada momen ini, didengarkan pula sambutan virtual dari Prof, DR Sudan Arif Faluruloh, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Selain laporan panitia oleh Sekretaris Dukcapil Lukas Tahitu.

Perlu diketahui, pengoperasian mesin ADM tidak berbeda jauh dangan mesin ATM. Di layar terpampang beberapa pilihan untuk melakukan pencetakan data adminduk yang dapat terkonek dengan menggunakan sidik jari, NIK atau QR Code.

Namun sebelum dapat mengoperasikan mesin ini, setiap orang terlebih dahulu harus mendaftarkan dulu di Dukcapil. Setelah pendaftaran, kita akan diberikan kode melalui email atau pesan singkat.

Setelah mendapatkan kode, kita bisa langsung melakukan scan QR code (di mesin sudah disediakan) termasuk scan sidik jari.

Setelah proses ini, ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar, dengan begitu hanya dalam hitungan menit, KTP, Kartu Keluarga, KIA dan Akta sudah langsung terprint secara otomatis tanpa harus mengantri atau lama menunggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments