Minggu 6 Desember, 2020
Beranda Ekonomi Bisnis Dewan Adat Suku di Kabupaten Jayapura diminta inventarisir perkembangan pembangunan

Dewan Adat Suku di Kabupaten Jayapura diminta inventarisir perkembangan pembangunan

Suaranewspapua.com,Jayapura – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw meminta agar seluruh Dewan Adat Suku ( DAS) dan masyarakat adat untuk menginventarisir semua aktivitas dan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan di masing-masing kampung sejak dicetuskannya program Pemerintahan Kampung Adat di Kabupaten Jayapura, yang telah dideklarasikan pada 24 Oktober 2013 lalu.

“ DAS dan masyarakat adat tidak perlu terjebak dengan proses administrasi yang sedang diurus oleh pemerintah daerah,” jelas Bupati Awoitauw saat ditemui di Sentani. Rabu ( 7/10/2020).

Dikatakan, deklarasi kebangkitan masyarakat adat yang dilakukan tujuh tahun lalu itu, adalah kehendak semua masyarakat adat setempat.

Awoitauw juga mengisahkan perjuangannya untuk menghadirkan sebuah pemerintahan Kampung Adat sebelum menjadi seorang Pimpinan Daerah, atas dasar sebuah penolakan oleh pemerintah di masa itu, hingga kahirnya mendesak dirinya masuk dan menjadi seoarang Bupati saat ini.

“ Pada 2008 draft dan pembentukan kampung adat kami bawa ke pemerintah daerah di sini, tetapi tidak diakomodir, bahkan dikatakan draftnya akan dibuang di tempat sampah. Itu sangat menyakitkan kami, ketika saya sudah menjadi Bupati Jayapura, awal 2016 kami mengantar draft Perda pembentukan kampung adat ke Mendagri, itu sebelum undang-undang desa lahir,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya sangat berharap agar DAS dan semua komponen masyarakat adat di daerah itu, dapat menyatukan hati dan pikiran untuk kembali menjalankan sistem pemerintahan Kampung Adat yang memang sudah ada sejak dulu kala.

“ Kami semua anak-anak adat, dan adat ini ada bersama dengan kami. Tidak ada yang susah, hanya tinggal kembali mengaktifkan kembali apa yang disebut norma dan aturan di dalam ada itu sendiri,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ketua MRPB Ajak Masyarakat 9 Kabupaten Gunakan Hak Pilihnya Pada Pilkada 9 Desember

suaranewspapua.com. manokwari. Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) mengajak seluruh warga di Provinsi Papua Barat, terutama di sembilan...

Polisi Ajak Warga di Jayawijaya Stop Kebiasaan Bawa Parang di Pusat Kota

suaranewspapua.com. wamena. Personel Kepolisian Resor Jayawijaya, Polda Papua, terus melakukan edukasi kepada warga untuk menghilangkan kebiasaan membawa parang ke dalam pusat kota.

RI Minta Australia Tindak Tegas Pengibar Bendera Bintang Kejora di KJRI Melbourne

suaranewspapua.com. jakarta. Pemerintah Indonesia mengecam aksi sekelompok orang yang mengibarkan bendera bintang kejora di atap Gedung Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di...

Memperingati Hari Noken Sedunia, Warisan Budaya Papua

suaranewspapua.com. jayapura. 4 Desember menjadi momen spesial bagi noken Papua, tas rajut tradisional asal Tanah Mutiara Hitam yang mengandung nilai sejarah. Ya,...

Recent Comments