Sabtu 18 Mei, 2024
Beranda Olahraga PLN jamin keamanan pasokan listrik selama PON Papua 2021

PLN jamin keamanan pasokan listrik selama PON Papua 2021

suaranewspapua.com. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjamin keamanan pasokan listrik selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua yang bergulir 2-13 Oktober 2021.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Abdul Farid mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa langkah persiapan, mulai dari pemeliharaan jaringan hingga menjaga kecukupan pasokan listrik di empat klaster PON, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Selain memelihara jaringan listrik yang telah ada, PLN Papua, kata Farid, juga tengah membangun jaringan kabel bawah tanah di empat klaster tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pasokan listrik selama PON berlangsung nanti.

“Kami juga sedang berupaya membangun jaringan kabel bawah tanah supaya pasokan listrik di empat klaster yang menjadi tempat penyelenggaraan PON tidak terganggu. Sebab kalau daya cukup itu belum aman. Makanya kami di Kota Jayapura ini contohnya, ada banyak sekali menanam kabel di dalam tanah,” ujar Abdul Farid dalam laman resmi PON yang dikutip Selasa.

Abdul Farid mengatakan PLN juga sudah mulai mempersiapkan berbagai langkah antisipasi ketersediaan listrik lewat penyediaan genset mobile yang nantinya bakal ditempatkan di seluruh arena pertandingan.

Tak hanya itu, PLN juga akan melakukan penyempurnaan sistem kelistrikan. Salah satunya dengan pengujian mesin secara berkala dan terencana. Hal itu dilakukan guna memastikan kehandalan sistem pada acara pembukaan sekaligus memperbaiki dan memelihara jaringan distribusi listrik di venue, penginapan, dan sarana lainnya.

Meski begitu, Abdul Farid menuturkan masih ada beberapa kendala yang ditemukan dalam pembangunan infrastruktur jaringan kelistrikan di lokasi venue PON. Hambatan itu di nya pemalangan penggalian untuk kabel tanah, penggalian untuk penanaman tiang, juga perabasan dan penebangan pohon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Criticism of KKB’s Presence by Human Rights Organizations

Papua - Several human rights organizations (HROs) have raised critical voices against the presence of the Armed...

Kritik terhadap Keberadaan KKB oleh Lembaga Hak Asasi Manusia

Papua - Sejumlah lembaga hak asasi manusia (HAM) telah mengangkat suara kritis terhadap keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata...

KKB is at it again by killing a civilian in Intan Jaya

Jayapura – The Armed Criminal Group (KKB) has acted again, this time the Undius Kogoya KKB led by Lewis Kogoya and Enos...

KKB Kembali Berulah Dengan Bunuh Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah, kali ini KKB barisan Undius Kogoya pimpinan Lewis Kogoya dan Enos Tipagau melakukan aksinya...

Recent Comments