Senin 6 Desember, 2021
Beranda Keamanan dan Ketertiban Polda Papua: Pilkada 11 Kabupaten Aman dan Kondusif

Polda Papua: Pilkada 11 Kabupaten Aman dan Kondusif

suaranewspapua.com. JAYAPURA- Sesuai dengan PKPU No 5 Tahun 2020 tanggal 12 Juni 2020 tentang perubahan ketiga PKPU No. 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH.

“Untuk tahapan kompanye dari masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di 11 Kabupaten di Papua telah memasuki hari ke 9,” terangnya, Minggu (4/10/2020)

Kabid Humas Polda Papua juga menyampaikan dari pelaksanaan tahapan Kampanye yang dilaksanakan sejak tanggal 26 September hingga hari ini telah memasuki hari ke 9 di 11 Kabupaten berjalan aman dan kondusif. Sesuai jadwal tahapan Kampanye ini dilaksanakan dari tanggal 26 September hingga tanggal 5 Desember 2020 .

“Kemudian untuk di 11 Kabupaten tersebut pengamanan personel TNI-Polri disetiap tahapan terus dilakukan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas.

Personel TNI-Polri bersama pihak penyelenggara bersama para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda terus mendeklarasikan kampanye damai dengan harapan semua tahapan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ucapnya. 

Dijelaskan, dalam  PKPU No 5 Tahun 2020 tanggal 12 Juni 2020, seluruh tahapan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid 19, dimana berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yang menetapkan Covid-19 sebagai jenis penyakit yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat dan wajib dilakukan upaya penanggulangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan termasuk  upaya untuk penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

“Kami berharap pelaksanaan tahapan kampanye di 11 Kabupaten tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai mana kebijakan Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Lanjutnya, dihadapkan pada masa pandemi Covid-19, para massa pendukung dari masing-masing pasangan calon untuk tidak bereforia berlebihan dengan mengumpulkan massa dalam jumlah banyak, tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M+1T yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Tidak berkerumun sehingga kita semua dapat terhindar dari virus tersebut. 

“Jangan sampai tahapan yang saat ini sedang kita lakukan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 karena akan merugikan diri kita sendiri maupun orang lain yang ada disekitar kita,” imbuhnya.

Sembari menambahkan, oengamanan di masing-masing Kabupaten yang melaksanakan Pilkada akan terus dilakukan oleh TNI-Polri dengan dukungan para tokoh untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan bersama. 

Kita jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang sengaja dibangun untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Situasi aman dan kondusif merupakan tanggungjawab kita bersama, pilihan boleh beda tetapi tetap menjaga persaudaraan. 

“Siapapun yang menjadi pemimpin di daerah, sebagai warga negara yang baik kita wajib mendukung sehingga terciptanya kesejahteraan kedepannya,” tambahnya. 

Untuk di 11 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Papua yakni Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Peguningan Bintang, Kabupaten Nabire, Kabupaten Keerom, Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, Kabupaten Waropen, Kabupaten Supiori, Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Boven Digoel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments