Jumat 19 April, 2024
Beranda Keamanan dan Ketertiban Polda Papua: Pilkada 11 Kabupaten Aman dan Kondusif

Polda Papua: Pilkada 11 Kabupaten Aman dan Kondusif

suaranewspapua.com. JAYAPURA- Sesuai dengan PKPU No 5 Tahun 2020 tanggal 12 Juni 2020 tentang perubahan ketiga PKPU No. 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH.

“Untuk tahapan kompanye dari masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di 11 Kabupaten di Papua telah memasuki hari ke 9,” terangnya, Minggu (4/10/2020)

Kabid Humas Polda Papua juga menyampaikan dari pelaksanaan tahapan Kampanye yang dilaksanakan sejak tanggal 26 September hingga hari ini telah memasuki hari ke 9 di 11 Kabupaten berjalan aman dan kondusif. Sesuai jadwal tahapan Kampanye ini dilaksanakan dari tanggal 26 September hingga tanggal 5 Desember 2020 .

“Kemudian untuk di 11 Kabupaten tersebut pengamanan personel TNI-Polri disetiap tahapan terus dilakukan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas.

Personel TNI-Polri bersama pihak penyelenggara bersama para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda terus mendeklarasikan kampanye damai dengan harapan semua tahapan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ucapnya. 

Dijelaskan, dalam  PKPU No 5 Tahun 2020 tanggal 12 Juni 2020, seluruh tahapan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid 19, dimana berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yang menetapkan Covid-19 sebagai jenis penyakit yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat dan wajib dilakukan upaya penanggulangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan termasuk  upaya untuk penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

“Kami berharap pelaksanaan tahapan kampanye di 11 Kabupaten tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai mana kebijakan Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Lanjutnya, dihadapkan pada masa pandemi Covid-19, para massa pendukung dari masing-masing pasangan calon untuk tidak bereforia berlebihan dengan mengumpulkan massa dalam jumlah banyak, tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M+1T yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Tidak berkerumun sehingga kita semua dapat terhindar dari virus tersebut. 

“Jangan sampai tahapan yang saat ini sedang kita lakukan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 karena akan merugikan diri kita sendiri maupun orang lain yang ada disekitar kita,” imbuhnya.

Sembari menambahkan, oengamanan di masing-masing Kabupaten yang melaksanakan Pilkada akan terus dilakukan oleh TNI-Polri dengan dukungan para tokoh untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan bersama. 

Kita jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang sengaja dibangun untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Situasi aman dan kondusif merupakan tanggungjawab kita bersama, pilihan boleh beda tetapi tetap menjaga persaudaraan. 

“Siapapun yang menjadi pemimpin di daerah, sebagai warga negara yang baik kita wajib mendukung sehingga terciptanya kesejahteraan kedepannya,” tambahnya. 

Untuk di 11 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Papua yakni Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Peguningan Bintang, Kabupaten Nabire, Kabupaten Keerom, Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, Kabupaten Waropen, Kabupaten Supiori, Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Boven Digoel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Polda Papua Recruit 2,000 National Police, Secretary General of BMP-RI Gives Appreciation and Pays Attention to Quality

Jayapura- Secretary General of BMP-RI Ali Kabiay expressed his appreciation to the Papua Regional Police for the opportunity given to young Papuans...

Polda Papua Rekrut 2.000 Bintara Polri, Sekjen BMP-RI Berikan Apresiasi Dan Perhatikan Kualitas

Jayapura- Sekjen BMP-RI Ali Kabiay memberikan Apresiasi kepada Polda Papua atas kesempatan yang diberikan kepada Anak-anak Muda Papua atau Anak asli Papua...

Bodies of Police Victims of Persecution in Yahukimo Will Be Buried in Sarmi

Jayapura- The body of Bripda Oktovianus Buara, a victim of compilation by an unknown person (OTK) in...

Jenazah Polisi Korban Penganiayaan di Yahukimo Akan Dimakamkan di Sarmi

ayapura- Jenazah Bripda Oktovianus Buara, korban penganiayaan oleh orang tak dikenal (OTK) di Kabupaten Yahukimo, telah diterbangkan...

Recent Comments