Minggu 28 November, 2021
Beranda kesehatan PKK Kab. Jayawijaya Tangani Program Bank Sampah

PKK Kab. Jayawijaya Tangani Program Bank Sampah

suaranewspapua- JAYAWIJAYA– Program Bank Sampah di Kabupaten Jayawijaya akan ditangani dan diakomodir langsung oleh PKK Kabupaten Jayawijaya.

Ketua PKK Kabupaten Jayawijaya, Nyonya Yustina Yenni Banua mengatakan, jika melihat dan mencontohi daerah lain, program Bank Sampah sangat efektif jika dilakukan di Kabupaten Jayawijaya.

“Kenapa sampai pemerintah membuat program bank sampah, kita belajar dari daerah lain, kenapa daerah lain bisa, Jayawijaya tidak bisa,” ungkap Ny. Yustina Banua, Senin (31/8/2020) di Wamena.

Teknisnya, jelas Yenni, PKK akan langsung mengakomodir kegiatan Program Bank sampah, dan dalam pelaksanaannya, PKK akan memberikan modal kepada warga yang dipercayakan untuk mengakomodir sampah dari masyarakat.

Secara otomatis, PKK akan membeli sampah dari masyarakat untuk dikumpulkan dan selanjutnya akan di kirim ke Jayapura untuk di proses atau dikelola lebih lanjut.

Namun, Yenni mengakui, sebelum berjalan secara maksimal, PKK akan membentuk satu Komunitas yang bisa dipercaya sepenuhnya untuk mengakomodir sampah-sampah dari masyarakat.

Yenni menyebutkan, kegiatan Bank Sampah yang akan dijalankan dalam waktu yang tidak lama tentunya akan mengurangi pengangguran, karena program Bank sampah merupakan salah satu program pemerintah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat di Jayawijaya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si menyebutkan, dalam waktu dekat Program Bank Sampah akan di dijalankan di Kabupaten Jayawijaya yang langsung di bawah binaan PKK Kabupaten Jayawijaya.

Kata Bupati, perhatian pemerintah Kabupaten Jayawijaya terhadap kebersihan kota Wamena sangat tinggi, sehingga melalui Program Bank Sampah, Bupati berharap Kabupaten Jayawijaya menjadi salah satu Kabupaten yang dikatakan bersih dari sampah.

Juga, dengan adanya Bank Sampah, tentunya dapat memberikan peluang kerja bagi dan menekan angka pengangguran di Kabupaten Jayawijaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Tolikara Melaksanakan  Pemolisian Masyarakat melalui program KOTEKA

Papua- Pada Kamis, tanggal 24  November 2021 Satgas Binmas Noken Wilayah Tolikara yang diawaki oleh Iptu widada, Brigadir Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan...

Ini dia 5 Point Pernyataan Sikap Dari Tokoh Adat Papua Menjelang 1 Desember

Jayapura, Menjelang tanggal 1 Desember 2021 yang diklaim oleh kelompok ataupun simpatisan Papua Merdeka sebagai hari kemerdekaan Papua barat tampaknya tahun ini...

Pemuda Saireri : Menjelang 1 Desember Papua Harus Tetap Menjadi Tanah Damai

Jayapura, 1 Desember setiap tahunnya yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua Barat, selalu menempatkan Papua pada situasi keamanan tertentu di beberapa wilayah...

Herman Yoku : HUT Papua Barat, 1 Desember dan Bintang Kejora Adalah Sebuah Kekeliruan Sejarah dan Pembodohan

Jayapura, Menjelang 1 Desember setiap tahunya yang diklaim sebagai HUT Papua Barat atau hari kemerdekaan bangsa Papua, para aktivis dan simpatisan Papua...

Recent Comments