Jumat 19 April, 2024
Beranda Ekonomi Bisnis Kementan Ingin Perkuat Balai Penyuluhan Pertanian di Papua Barat

Kementan Ingin Perkuat Balai Penyuluhan Pertanian di Papua Barat

Suaranewspapua.com,Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) ingin memperkuat Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Papua Barat menjadi BPP Komando Strategis Pertanian (Kostratani). Transformasi ini juga dikawal Polbangtan Manokwari.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan pentingnya peran penyuluh dalam pembangunan pertanian termasuk dalam mengaktifkan kembali fungsi BPP.

memperkuat Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Papua Barat menjadi BPP Komando Strategis Pertanian (Kostratani). Transformasi ini juga dikawal Polbangtan Manokwari.

“Penyuluh adalah garda terdepan dalam pertanian. Penyuluh yang mengawal petani di lapangan dan memberikan masukan agar produksi terjaga. Kehadiran penyuluh sangat penting dan karena itu kemampuannya harus ditingkatkan,” kata Syahrul seperti rilis yang diterima media.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan sekaligus Ketua Harian Organisasi Kostratani, Dedi Nursyamsi mengatakan transformasi BPP menjadi BPP Kostratani akan dilakukan secara bertahap.

“Targetnya, pada tahun 2021 seluruh BPP di Indonesia sudah bertransformasi menjadi BPP Kostratani. Untuk memperkuat peran dan fungsinya, kita akan memperkuat BPP Kostratani dengan sarana dan prasarana seperti komputer, modem dan jaringan internet,” ujarnya.

Setidaknya ada 12 syarat yang harus dipenuhi masing-masing BPP. Mulai dari penetapan lokasi BPP, sosialisasi kostratani, pelatihan Informasi Teknologi (IT) dan manajemn data/infromasi pertanian, pelatihan aplikasi pelaporan program utama Kementan, hingga pengimplementasiannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Polda Papua Recruit 2,000 National Police, Secretary General of BMP-RI Gives Appreciation and Pays Attention to Quality

Jayapura- Secretary General of BMP-RI Ali Kabiay expressed his appreciation to the Papua Regional Police for the opportunity given to young Papuans...

Polda Papua Rekrut 2.000 Bintara Polri, Sekjen BMP-RI Berikan Apresiasi Dan Perhatikan Kualitas

Jayapura- Sekjen BMP-RI Ali Kabiay memberikan Apresiasi kepada Polda Papua atas kesempatan yang diberikan kepada Anak-anak Muda Papua atau Anak asli Papua...

Bodies of Police Victims of Persecution in Yahukimo Will Be Buried in Sarmi

Jayapura- The body of Bripda Oktovianus Buara, a victim of compilation by an unknown person (OTK) in...

Jenazah Polisi Korban Penganiayaan di Yahukimo Akan Dimakamkan di Sarmi

ayapura- Jenazah Bripda Oktovianus Buara, korban penganiayaan oleh orang tak dikenal (OTK) di Kabupaten Yahukimo, telah diterbangkan...

Recent Comments