Rabu 8 Desember, 2021
Beranda kesehatan Bupati Jayawijaya: Langkah Pencegahan COVID-19 Lebih Kepada Sosialisasi

Bupati Jayawijaya: Langkah Pencegahan COVID-19 Lebih Kepada Sosialisasi

suaranewspapua.com- WAMENA- Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua Jhon Richard Banua mengatakan langkah pencegahan COVID-19 yang dilakukan adalah lebih kepada sosialisasi untuk menyadarkan masyarakat, atau belum memberikan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

Jhon Banua di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Senin, mengatakan kesadaran dari pribadi masing-masing masyarakat untuk mencegah COVID-19 sangat penting.

“Jadi kalau kita memberikan peraturan bahwa ada saksi, tetapi saat di depan pemberi sanksi masyarakat taat tetapi di belakang (tidak dilihat pemberi sanksi) masyarakat tidak pakai masker, sama saja pencegahan tidak berhasil. Jadi yang penting sosialisasi untuk kesadaran masyarakat,” katanya.

Jhon mengatakan belum dilakukan pembahasan bersama forkopimda terkait penerapan sanksi di wilayah itu.

“Kami kalau memberikan sanksi, itu harus ada tahapan dahulu, kita harus ada rapat dengan muspida, berkoodinasi dengan DPR untuk menetapkan satu aturan,” katanya.

Ia mengatakan jumlah pasien COVID-19 di Jayawijaya setiap harinya mengalami penurunan jumlah. Pengurangan jumlah itu terjadi sebab pemerintah menempatkan petugas di Bandara Sentani, yang merupakan pintu masuk masyarakat ke kabupaten di pegunungan, termasuk Jayawijaya.

“Kami puji syukur kepada Tuhan bahwa dengan kita membuka posko di Sentani, maka COVID-19 di sini sudah menurun, sekarang tinggal tiga,” katanya.

Menurut Jhon, tiga pasien positif COVID-19 yang sementara menjalani perawatan di RSUD Wamena, semuanya merupakan pasien yang datang dari luar Jayawijaya, yang terdeteksi saat tiba dengan pesawat di Bandaran Wamena.

“Tiga semua berasal dari luar Jayawijaya atau dari Jayapura yang datang untuk bekerja, tetapi kondisinya pas reaktif di bandara, kita tindaklanjuti ternyata positif sehingga mereka dirawat,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Peduli Anak Anak Papua Melalui Program SI IPAR

Papua- Binmas Noken memiliki program pemolisian tradisional, yaitu mengunjungi komunitas masyarakat dan membangun kedekatan dengan tokoh tokoh masyarakat juga dengan kelompok lainnya.

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

Recent Comments