Minggu 26 Mei, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Kapolda Papua Minta Dukungan Tokoh Daerah Ungkap Pelaku Pembunuhan Sadis

Kapolda Papua Minta Dukungan Tokoh Daerah Ungkap Pelaku Pembunuhan Sadis

Suaranewspapua.com- DEKAI- Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw meminta para Tokoh Masyarakat, Adat dan tokoh-tokoh lain di Kabupaten Yahukimo untuk mendukung langkah tegas aparat keamanan untuk menemukan para pelaku pembunuhan sadis di wilayah tersebut.

Hal itu disampaikan Kapolda saat menggelar pertemuan di Dekai Yahukimo bersama Pemda Yahukimo, tokoh adat, tokoh masyarakat yang juga dihadiri Kasdam XVII/ Cenderawasih Brigjen Bambang Trisnohadi, beberapa pejabat utama Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih serta Kapolres dan Dandim Yahukimo.

“Saya menyampaikan kepada para Tokoh, kami Kepolisian sangat serius dalam kasus ini sehingga saya meminta kepada para Tokoh untuk dapat bekerjasama dalam mencari keberadaan pelaku,” ucap Kapolda, Kamis (27/8/2020).

Ditegaskannya, pihak Kepolisian akan menindak tegas para pelaku pembunuhan sadis terhadap warga sipil di Yahukimo, termasuk jika terjadi perlawanan saat pencarian para pelaku.

“Saya menegaskan bahwa kita harus tegas mencari pelaku/tersangka panganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia tersebut, apabila ada perlawanan harus tindak tegas,”ucap Kapolda.

“Negara kita ini adalah Negara Hukum, kita harus tangkap pelaku, kenapa dia membantai, menganiaya orang lain. Apabila pelaku melawan kita tindak tegas, kami serius bahwa kami akan mengungkap kasus ini. Oleh karena itu, kami meminta kepada Bapak sekalian untuk mendukung kami,” ujarnya.

Kapolda sangat menyangkan serangkaian pembunuhan yang terjadi, baik kepada PNS KPUD Henry Jovinski, maupun warga sipil lain, yakni Moh. Toyib dan buruh batu batako Jauzan alias Ocan (sebelumnya ditulis Yauzan).

“Kita tidak bisa membiarkan mereka-mereka, preman ini membuat kacau di sini, masyarakat dan SDM di Kabupaten Yahukimo ini harus dibangun demi kebaikan Kabupaten ini. Ini sementara menjalankan tugas pengabdian dibunuh, warga sipil yang mencari nafkah keluarga dibunuh. Jika Kapolres merasa bahwa personel kita kurang agar segera disampaikan,”tegas Kapolda.

Sementara Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen Bambang Trisnohadi mengapresiasi Kapolda Papua yang sangat responsif atas kasus yang terjadi di Yahukimo.

“Kami sangat mengapresiasi Bapak Kapolda yang sangat responsif terhadap kasus yang terjadi di Yahukimo ini. Dimana kasus ini sudah menjadi sorotan nasional bukan hanya di Papua saja. Ini menjadi tanggung jawab kita semua, sudah ada beberapa kasus namun belum menemukan titik terang. Kita harus mendalami apa motif dari pelaku,”ucapnya.

Menurutnya perlu ada upaya reaktif atas informasi sekecil apapun soal serangkaian kasus pembunuhan yang terjadi.

“Perlu adanya upaya-upaya yang reaktif, setiap informasi sekecil apa pun disampaikan kepada Kepolisian untuk kemudian diolah. Saya yakin teman-teman di ruangan ini ada memiliki informasi, itu yang harus disampaikan,”ucapnya.

Selain melakukan pertemuan dengan para Tokoh, Kapolda dan Kasdam serta rombongan melakukan pengecekan ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Jembatan Kali Buatan, jalan Gunung Dekai Yahukimo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recruitment of Police Members at Papua Regional Police Receives Appreciation from Traditional Leaders

Jayapura- Ramses Wally, one of the leading traditional figures in Papua Province, expressed his appreciation to the Papua Regional Police Chief, Inspector...

Rekrutan Anggota Polri di Polda Papua Mendapat Apresiasi dari Tokoh Adat

Jayapura- Ramses Wally, salah satu tokoh adat terkemuka di Provinsi Papua, memberikan apresiasi kepada Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, dan...

Positive Synergy: Cartenz Peace Ops Public Relations Task Force and Media Crew Build Solid Cooperation Through Gathering Events

Timika - The Cartenz Peace Ops Public Relations Task Force demonstrated its commitment to strengthening solid cooperation and mutual support by holding...

“Sinergi Positif: Satgas Humas Ops Damai Cartenz dan Awak Media Bangun Kerja Sama Solid Melalui Acara Silaturahmi”

Timika - Satgas Humas Ops Damai Cartenz memperlihatkan komitmen dalam memperkuat kerja sama yang solid dan saling mendukung dengan menggelar acara silaturahmi...

Recent Comments