Jumat 14 Juni, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Warga Tembagapura Ucap Syukur, Atas Tewasnya KKB Hengky Wanmang

Warga Tembagapura Ucap Syukur, Atas Tewasnya KKB Hengky Wanmang

Suaranewspapua.com- TIMIKA- Kabar tertembaknya Hengky Wanmang yang merupakan salah satu pemimpin pasukan KKB tengah menjadi buah bibir bagi warga asli Tembagapura, pasalnya Hengky telah berhasil ditembak oleh aparat keamanan (16/8).

Peristiwa matinya pimpinan KKB tersebut seolah menjawab do’a warga asli Tembagapura untuk hidup dalam ketenangan dan kedamaian.

Hal ini tidak luput dari peristiwa warga Distrik Tembagapura yang terpaksa mengungsi ke Kota Timika lantaran kacaunya berbagai aksi teror yang dilakukan oleh KKB setidaknya sejak awal tahun 2020 lalu.

Salah seorang warga Kampung Banti yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa kehadiran KKB di wilayah-wilayah Distrik Tembagapura telah merusak kehidupan warga, karena mereka (KKB) kerap bertindak sewenang-wenang dan merugikan warga asli.

“Sejak pertama kali mereka datang ke Tembagapura itu sudah menjadi pertanda buruk bagi kelangsungan hidup kami di Tembagapura. Hingga akhirnya kami harus mengungsi dan hidup serba terbatas dengan adaptasi yang berbeda di Kota Timika,” ujarnya.

Ketika ditanyai tentang awal mula kedatangan KKB ia menjawab bahwa kelompok KKB selalu mengumbar alasan dengan maksud memperjuangkan hak orang Papua. Hal itu terus dilakukan untuk membenarkan tindakannya menduduki kampung, bahkan tidak jarang setiap hasil bumi harus ikut disetorkan kepada mereka sebagai upah.

“Iya, mereka selalu beralasan. Kami warga kampung tidak berani melawan karena mereka selalu mengancam akan membunuh. Kita juga tahu bahwa mereka pun memiliki senjata, sehingga kami terpaksa diam dan tidak bisa berbuat apa-apa,” ungkapnya lagi.

Sejak perampasan yang terus-menerus dilakukan KKB, tidak jarang warga juga kerap mendapat tindakan yang tidak manusiawi. Beberapa anak gadis juga kerap dijadikan pemuas seks para komplotan KKB.

“Kami sudah cukup terpinggirkan untuk hidup di tanah sendiri (Tembagapura), karena selama ini merekalah yang sebenarnya memberi ancaman terhadap warga,” tandasnya.

Ia juga mengatakan bahwa kabar tertembaknya Hengky juga menjadi harapan baik bagi warga Tembagapura.

“Kami mengucap syukur atas kejadian itu, semoga aparat masih bisa melakukan pengejaran dan membuat Tembagapura menjadi daerah yang aman lagi seperti dulu,” tambahnya.

Diketahui bahwa sebelumnya kelompok Hengky Wanmang telah menyusun siasat untuk melakukan penyerang terhadap pos-pos keamanan di wilayah Tembagapura jelang perayaan HUT RI. Namun nahas kelompoknya lah yang harus dipukul mundur dan Hengky terpaksa meregang nyawa atas kontak senjata yang terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

A number of Paniai community figures strongly condemned the KKB action in Paniai

Jayapura- Figures in Paniai Regency condemned the actions of the Armed Criminal Group (KKB) which made people uneasy in Paniai Regency, Friday...

Sejumlah Tokoh Masyarakat Paniai Mengutuk Keras Aksi KKB di Paniai

Jayapura- Para Tokoh di Kabupaten Paniai mengecam aksi-aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang membuat resah masyarakat di Kabupaten Paniai, Jumat 14 Juni...

Bhayangkari Cabang Intan Jaya Bagikan Bantuan Kepada Masyarakat Di Pedalaman Papua

Sugapa – Bhayangkari Cabang Intan Jaya menggelar Bhayangkari Peduli dengan membagikan bantuan sembako serta Pakaian kepada masyarakat Pedalaman Papua yang bertempat di...

Bhayangkari Peduli Tembus Zona Merah Di Intan Jaya

Sugapa - Ketua Bhayangkari Cabang Intan Jaya, Ny. Yati Afrizal Asri bersama Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri menemui anak-anak di Distrik...

Recent Comments