Sabtu 27 November, 2021
Beranda Pendidikan Disdik Papua Dorong Anak Berani Bicara Melalui Lomba Bercerita

Disdik Papua Dorong Anak Berani Bicara Melalui Lomba Bercerita

Suaranewspapua.com- JAYAPURA– Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua mendorong anak-anak untuk berani bicara di depan umum. Melalui lomba bercerita yang mengangkat tema kearifan lokal.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait di Jayapura, Rabu (29/7) mengatakan di masa pandemi COVID-19 ini, pihaknya berharap kreativitas dan kemampuan anak-anak tidak terhenti. Sehingga perlu adanya ajang agar keterampilan yang dimiliki dapat diasah.

“Salah satunya melalui lomba bercerita mengenai kearifan lokal. Yang digelar di seluruh lingkungan dinas pendidikan se-Provinsi Papua,” katanya dilansir dari Antara.

Menurut Christian, lomba bercerita ini memiliki tiga makna. Yakni anak-anak dapat bercerita mengenai hal-hal, budaya dan adat istiadat di Papua. Lalu kedua melatih anak-anak menjadi berani untuk berbicara di depan umum. Di mana pesertanya kali ini merupakan siswa di tingkat sekolah dasar.

“Kemudian yang ketiga berhubungan dengan masa depan anak-anak ini. Karena pada seterusnya kemampuan untuk berbicara ini akan menjadi modal untuk menjadi sosok-sosok yang berani bersuara dari sekian banyak orang. Ada nilai edukasi tersendiri dari lomba bercerita ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan meskipun lomba ini tidak diikuti oleh semua kabupaten/kota. Karena keterbatasan di masa pandemi COVID-19 ini. Namun diharapkan dapat menjadi motivasi tersendiri untuk mengembangkan diri.

“Dalam lomba bercerita ini mengangkat cerita-cerita daerah atau lokal di Papua. Sehingga ke depan jika telah diverifikasi dengan baik maka dapat dibukukan. Supaya semua dapat lebih mengenal budaya dan adat setempat,” katanya.

Dia menambahkan lomba bercerita ini juga menjadi ajang untuk pihaknya mengetahui cerita-cerita atau budaya lokal yang ada. Sehingga dapat diarsipkan melalui buku dan dipublikasikan di tengah masyarakat.

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Tolikara Melaksanakan  Pemolisian Masyarakat melalui program KOTEKA

Papua- Pada Kamis, tanggal 24  November 2021 Satgas Binmas Noken Wilayah Tolikara yang diawaki oleh Iptu widada, Brigadir Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan...

Ini dia 5 Point Pernyataan Sikap Dari Tokoh Adat Papua Menjelang 1 Desember

Jayapura, Menjelang tanggal 1 Desember 2021 yang diklaim oleh kelompok ataupun simpatisan Papua Merdeka sebagai hari kemerdekaan Papua barat tampaknya tahun ini...

Pemuda Saireri : Menjelang 1 Desember Papua Harus Tetap Menjadi Tanah Damai

Jayapura, 1 Desember setiap tahunnya yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua Barat, selalu menempatkan Papua pada situasi keamanan tertentu di beberapa wilayah...

Herman Yoku : HUT Papua Barat, 1 Desember dan Bintang Kejora Adalah Sebuah Kekeliruan Sejarah dan Pembodohan

Jayapura, Menjelang 1 Desember setiap tahunya yang diklaim sebagai HUT Papua Barat atau hari kemerdekaan bangsa Papua, para aktivis dan simpatisan Papua...

Recent Comments