Senin 27 Maret, 2023
Beranda Pendidikan Disdik Papua Dorong Anak Berani Bicara Melalui Lomba Bercerita

Disdik Papua Dorong Anak Berani Bicara Melalui Lomba Bercerita

Suaranewspapua.com- JAYAPURA– Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua mendorong anak-anak untuk berani bicara di depan umum. Melalui lomba bercerita yang mengangkat tema kearifan lokal.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait di Jayapura, Rabu (29/7) mengatakan di masa pandemi COVID-19 ini, pihaknya berharap kreativitas dan kemampuan anak-anak tidak terhenti. Sehingga perlu adanya ajang agar keterampilan yang dimiliki dapat diasah.

“Salah satunya melalui lomba bercerita mengenai kearifan lokal. Yang digelar di seluruh lingkungan dinas pendidikan se-Provinsi Papua,” katanya dilansir dari Antara.

Menurut Christian, lomba bercerita ini memiliki tiga makna. Yakni anak-anak dapat bercerita mengenai hal-hal, budaya dan adat istiadat di Papua. Lalu kedua melatih anak-anak menjadi berani untuk berbicara di depan umum. Di mana pesertanya kali ini merupakan siswa di tingkat sekolah dasar.

“Kemudian yang ketiga berhubungan dengan masa depan anak-anak ini. Karena pada seterusnya kemampuan untuk berbicara ini akan menjadi modal untuk menjadi sosok-sosok yang berani bersuara dari sekian banyak orang. Ada nilai edukasi tersendiri dari lomba bercerita ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan meskipun lomba ini tidak diikuti oleh semua kabupaten/kota. Karena keterbatasan di masa pandemi COVID-19 ini. Namun diharapkan dapat menjadi motivasi tersendiri untuk mengembangkan diri.

“Dalam lomba bercerita ini mengangkat cerita-cerita daerah atau lokal di Papua. Sehingga ke depan jika telah diverifikasi dengan baik maka dapat dibukukan. Supaya semua dapat lebih mengenal budaya dan adat setempat,” katanya.

Dia menambahkan lomba bercerita ini juga menjadi ajang untuk pihaknya mengetahui cerita-cerita atau budaya lokal yang ada. Sehingga dapat diarsipkan melalui buku dan dipublikasikan di tengah masyarakat.

- Advertisment -

Most Popular

Polres Merauke Menjemput Jenazah anggota Polri yang ditembak KKB di illu Puncak Jaya.

Merauke, - Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan, SIK di wakili Wakapolres Merauke Kompol Vicy Pandu.W,SH.MH didampingi Kabag SDM Polres Merauke Kompol Nuryanty,...

Tokoh Agama Papua: Hentikan Aksi Kekerasan Di Tanah Papua

Jayapura – Pdt. Petrus Bonyadone, M.Th selaku Tokoh Agama Papua sangat menyayangkan peristiwa yang terjadi pada hari Senin (25/3) malam tadi, saat personel...

Concerned about the pilot’s condition, Papuan youth leaders urge Egianus Kogoya to free the pilot who is being held hostage

Jayapura - Papuan Province Trikora Mandala Youth Figure, Ali Kabiay Asked the leadership of the Nduga KKB, Egianus Kogoya to immediately release...

2 Jenazah TNI-Polri Korban Penembakan di Puncak Jaya Di Evakuasi, Rombongan Di Tembaki

Mimika - Evakuasi jenazah dua anggota TNI dan Polri dari Ilu ke Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, sempat diwarnai penembakan oleh kelompok kriminal...

Recent Comments