Selasa 7 Desember, 2021
Beranda Pembangunan Masyarakat Suku Meyah Siap Sukseskan Pilkada 2020

Masyarakat Suku Meyah Siap Sukseskan Pilkada 2020

Suaranewspapua.com- MANOKWARI — Masyarakat adat Pegunungan Arfak, khususnya Suku Meyah Mandacan dan Meidodga mendukung pilkada damai, jujur, adil dan demokratis. Tak hanya itu, masyarakat Meyah di Kampung Susweni, Distrik Manokwari Timur menyatakan siap menyukseskan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak Desember mendatang. Yakni Pilkada Bupati serta Wakil Bupati di Kabupaten Manokwari.

Hal itu disampaikan sejumlah tokoh adat, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda di Kampung Susweni, Minggu (26/7/2020), dalam kegiatan sosialisasi serta dukungan masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Salah satunya Tokoh Pemuda Arfak Suku Meyah Hasani Ulman. “Saya sarankan bahwa ketika Pilkada Serentak 2020 Desember besok, kami akan lakukan pencoblosan dengan aman dan damai. Kami akan menjaga keamanan dan ketertiban di Kampung Susweni bahkan Distrik Manokwari Timur,” tegasnya.

Terlebih dalam hal keamanan, Hasani menjamin, pada pelaksanaan Pilkada 2020 nanti, akan terhindar dari gangguan kemananan. “Karena itu sudah jadi tanggung jawab kami, dari tahun ke tahun setiap pemilu, Manokwari Timur selalu aman. Tidak ada keributan dan kekacauan, yang menghambat jalannya pemilu,” tegasnya.

Dia bahkan menggaransi, bahwa Pilkada di Distrik Manokwari Timur akan terbebas dari praktik-praktik intimidasi. “Setiap pemilih, dia akan memilih sesuai dengan dia punya hati nurani,” ucapnya.

Di samping itu, Kepala Kampung Susweni Marthen Meidodga yang turut hadir dalam sosialisasi menyampaikan, perbedaan pilihan merupakan hal biasa dalam pesta demokrasi Pilkada. Namun, kata Marthen, dalam hal bermasyarakat di Kampung Susweni tidak mengenal adanya perbedaan. “Tidak ada permusuhan, keluarga tetap keluarga. Tapi saat pemilihan, itu masing-masing. Selama pemilihan di Kampung Susweni ini tidak pernah kacau,” tandasnya.

Di penghujung kegiatan, sejumlah perwakilan masyarakat menyatakan sikap, mendukung pelaksanaan Pilkada 2020 Desember mendatang. “Suku Meyah Mandacan-Meidodga Kampung Susweni, siap menyukseskan Pilkada 2020 tetap aman. Sekali aman tetap aman,” seru 5 orang perwakilan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments