Minggu 14 Juli, 2024
Beranda Pendidikan Kapolda Papua Pimpin Upacara Penutupan TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri Tahun...

Kapolda Papua Pimpin Upacara Penutupan TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri Tahun Anggaran 2020

Suaranewspapua.com- JAYAPURA- Bertempat di Aula Elsama Numberi SPN Polda Papua, telah dilaksanakan kegiatan Upacara Penutupan TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri Tahun Anggaran 2020, Senin (27/07).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw bersama Karo SDM Polda Papua Kombes Pol. Aris Haryanto S.Ik, M.Hum, Katim TOT Kombes Pol. Langgeng Pranomo, Pejabat Utama Polda Papua dan Para Peserta Binlat Pra Bintara Noken.

Katim TOT Kombes Pol. Langgeng Pranomo dalam kesempatannya mengatakan bahwa dalam penerimaan anggota Polri TA. 2020 sebagai berikut, dasar keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : KEP/ 2513/XII/2019 tentang Penyelenggaraan rekrutmen Pra Ba Polri dalam penerimaan Bintara Polri TA. 2020 dan Surat Perintah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : Sprin/1637/VI DIK.2.1/2020/SSDM tentang Pelaksanaan TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri dalam penerimaan anggota Polri TA. 2020.

Adapun maksud dan tujuan untuk memberikan materi pelatihan karakter kebangsaan dan praktik pengajaran sesuai dengan kurikulum dan modul kepada calon Instruktur Binlat Pra Bintara Noken Polri dalam Penerimaan Bintara Polri TA. 2020.

Pelaksanaan diadakan selama 6 hari dari tanggal 22 sampai dengan 27 Juli 2020 di Aula Elsama Numberi SPN Polda Papua.

“Instruktur, Narasumber dan peserta berasal dari RI, SSDM Polri, Yayasan pemantapan ideologi Pancasila, organisasi persaudaraan cinta Tanah Air (Indonesia) yang dijiwai manunggalnya keimanan dan kemanusiaan, lembaga pendidikan karakter membangun insan Nusantara serta tingkat kepemimpinan berkarakter dan berwawasan kebangsaan,” Ujar Kombes Pol. Langgeng Pranomo.

Peserta berjumlah 40 orang yang berasal dari 10 personil Polda Papua, 10 personil Polda Papua Barat dan 20 personil dari SPN Polda Papua.

“Materi yang diberikan selama kegiatan pelaksanaan TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri kepada peserta TOT adalah pengenalan konsep pembentukan dasar kepribadian dan karakter bangsa serta metode expression lending dan neuro expression lending serta materi tentang rasa wawasan Pancasila, rasa wawasan pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945, rasa wawasan Proklamasi, rasa lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lambang negara Indonesia serta praktek kurikulum dan modul tingkat bagi peserta Pra Bintara Noken Polri,” Tambah Katim TOT.

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para instruktur yang telah hadir dan memberikan materi pengajaran secara langsung dengan penuh semangat kepada para peserta TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri TA. 2020 serta mengapresiasi para peserta yang telah mengikuti kegiatan TOT dari pagi sampai malam hari dengan penuh keseriusan dan antusias yang tinggi.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, pelaksanaan TOT Binlat Pra Bintara Noken ini telah dilaksanakan selama 6 (enam) hari yang berjalan dengan lancar dan sukses, tidak ada kendala yang berarti. Kegiatan TOT Binlat ini merupakan rangkaian persiapan sebelum pelaksanaan Binlat Pra Bintara Noken Polri.

“Diharapkan hasil dari kegiatan TOT ini para peserta dapat mengimplementasikan materi yang telah diterima untuk disampaikan kembali dengan baik kepada para peserta Binlat Pra Bintara Noken Polri TA. 2020,” Ucap Kapolda Papua.

Para peserta Binlat yang berjumlah 40 (empat puluh) orang ini nantinya akan memberikan materi pengajaran kepada peserta Binlat sejumlah 275 orang dari Polda Papua dan Papua Barat yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2020 di SPN Polda Papua.

“Pelaksanaan TOT Binlat Pra Bintara Noken ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para peserta TOT Binlat yang merupakan calon-calon instruktur bagi peserta binlat agar dalam pelaksanaan Binat nantinya para instruktur mempunyai bekal dan percaya diri dalam menyampaikan materi-materi kepada para peserta Binlat Pra Bintara Noken Polri yang akan datang,” Pungkas Kapolda Papua.

Untuk itu, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw menyampaikan kepada para peserta TOT agar terus belajar dan berlatih secara mandiri di sela-sela pelaksanaan tugas rutin dan memantapkan diri secara mandiri dengan membaca buku pedoman bagi pengajar serta materi pengajaran yang telah dibagikan.

Pemantapan dan pembelajaran secara mandiri sebaiknya dilaksanakan secara rutin dan terus menerus sampai pada pelaksanaan Binlat Pra Bintara Noken Polri TA. 2020.

Kapolda Papua menambahkan Para peserta TOT mempunyai tugas untuk membentuk karakter wawasan kebangsaan peserta Binlat dan dijiwai nilai-nilai luhur Pancasila serta mampu mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di wilayah Polda Papua dan Papua Barat, tidak hanya itu para peserta TOT juga dituntut untuk menyiapkan para calon peserta Binlat Pra Bintara Noken Polri dalam penerimaan anggota Polri TA. 2020 untuk mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri TA. 2020 yang berkualifikasi yang unggul untuk mewujudkan Polri yang professional, modern dan terpercaya, serta menjadi agen pemersatu bangsa dalam wadah NKRI.

Para peserta TOT sebagai calon instruktur juga harus mampu memahami dan merefleksikan nilai-nilai pembelajaran yang diperoleh sesuai dengan kondisi tantangan tugas di Papua berdasarkan pengalaman tugas dan wawasan yang dimiliki.

Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw menekankan bahwa Kedepannya perlu bentuk karakter dribling tambahan materi pembelajaran kepada peserta dalam upaya memberikan pemahaman berkaitan dengan persoalan kebangsaan atau juga dibentuk pusat pendidikan dan pelatihan kebangsaan.

“Mengakhiri sambutan ini, selamat kepada seluruh peserta TOT Binlat yang telah berhasil menyelesaikan Binlat Pra Bintara Noken Polri. Kepada para Instruktur TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri, sekali lagi saya ucapkan terima kasih semoga keikhlasan para instruktur TOT mendapat balasan anugerah yang tidak terhingga dari Tuhan yang maha kuasa,” Tutup Kapolda Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Manhunt Underway for Police Officer Suspected of Stealing Firearms from Yalimo District Police HeadquartersJayapura

Jayapura - The Papua Provincial Police are intensifying efforts to locate Bripda Aske Mabel (23), a member...

Pencarian Anggota Polres Yalimo yang Diduga Curi Senjata Api Masih Berlanjut

Jayapura - Kepolisian Daerah Polda Papua terus melakukan upaya pencarian terhadap Bripda Aske Mabel (23), anggota Polres...

Bintara Polri Baru Dipersiapkan Pengamanan Pilkada

Jayapura- Menjelang perhelatan Pesta Demokrasi daerah atau pemilihan kepala daerah (Pilkada) provinsi Papua pada 27 November Tahun...

New National Police NCO Prepared for Regional Election Security

Jayapura- Ahead of the regional Democratic Party or regional head elections (Pilkada) for Papua province on November...

Recent Comments