Kamis 2 Desember, 2021
Beranda Ekonomi Bisnis Resmikan Kantor Diskop dan UKM, Bupati Ajak Pelaku UMKM Ubah Cara Berbisnis

Resmikan Kantor Diskop dan UKM, Bupati Ajak Pelaku UMKM Ubah Cara Berbisnis

Suaranewspapua.com- TIMIKA- Eltinus Omaleng, SE MH, mengajak masyarakat khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk koperasi, mengubah cara berbisnis dengan bertransformasi dari pasar konvensional ke pasar digital (online).

Hal itu diungkapkan Bupati saat meresmikan Kantor Dinas Koperasi dan UKM, Jumat (24/7).

Dalam sambutannya sesaat sebelum meresmikan gedung yang dibangun dua tingkat itu, bupati menyampaikan di tengah pandemi Covid, saat ini pertumbuhan ekonomi nasional sedang mengalami tantangan yang cukup serius, angka kemiskinan dan pengangguran meningkat, dunia usaha terutama koperasi dan UMKM mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran dan pembiayaan.

Tantangan baru yang di hadapi oleh dunia perekonomian nasional tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan  visi baru  di tengah perubahan sosial ekonomi yang sangat dinamis.

Lanjutnya, perubahan dan tantangan dunia usaha dituntut untuk beradaptasi dengan kemudahan yang memungkinkan koperasi bisa mengakses pasar yang lebih luas pembiayaan serta mengembangkan kapasitas usaha seluas luasnya.

Dengan cara bertransformasi dari pasar offline ke pasar online dengan memanfaatkan teknologi digital.

Peresmian kantor dinas koperasi dan UKM Mimika sekaligus launching marketplace “Lapak UKM Timika” dan syukuran HUT ke-73 tahun Koperasi dan HUT ke-5 UMKM Nasional 2020.

Bupati berharap agar koperasi dan UMKM yang ada di Mimika mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya dan menjadikan koperasi dan UMKM di mimika sebagai kekuatan ekonomi rakyat di dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Bupati juga berharap agar kantor baru ini dapat menjadi penyemangat kerja dalam melayani masyarakat, khususnya dalam mensejahterakan anggota koperasi dan para pelaku UKM.

“Selamat bekerja kepada seluruh pegawai dan honorer Diskop dan UKM di kantor yang baru. Semoga dengan adanya suasana kerja yang baru, dapat mendorong kinerja pegawai lebih kreatif dan inovatif dalam merancang program pemberdayaan masyarakat melalui koperasi dan UMKM,” pesan Bupati.

“Mari kita kobarkan dengan menjadikan Koperasi dan UMKM sebagai kekuatan ekonomi rakyat dan pemulihan ekonomi nasional,” ajak bupati.

Sebelumnya, Ida Wahyuni, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Mimika menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya ia menjelaskan proses pembangunan gedung Koperasi dan UKM, yang mulai dikerjakan sejak tahun 2017, dengan total anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 20,8 miliar lebih.

Pembangunan gedung ini dilaksanakan dalam empat tahap, dimana tahap 1 tahun 2017 senilai Rp4,6 miliar lebih, yang dikerjakan oleh CV Nembikan,  PT Putra  Imanuel Utama, PT Teknik Eksakta.

Tahap kedua senilai Rp 1,2 miliar lebih oleh PT Imanuel Utama dan tahap ketiga 2019  total anggaran Rp14,9 miliar yang dikerjakan oleh PT Batara Jaya Mandiri, CV Mendritotipo  Permai, CV Mandiospasio Konsultan, CV Mania Jaya, dan CV Alimar Jaya konsultan.

Ida Wahyuni mengatakan momentum peresmian gedung baru memberikan energi positif baru bagi gerakan ekonomi koperasi dan UMKM  di masa new normal, menjadi tempat di dalam membantu pemasaran dan pembinaan pengembangan dan pengawasan untuk koperasi dan UMKM  untuk bertahan, bangkit  dan terus berusaha di tengah pandemi ini.

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi Launching Market Place lapak UMKM diharapkan dapat memberikan prasarana kepada pelaku UMKM dalam melakukan penjualan dan pembelian baik di kota Timika maupun luar Timika.

“Atas nama seluruh staf serta dinas koprasi dan UMKM saya menyampaikan terimakasih kepada pak Bupati Mimika, atas kebijakan yang besar dalam mendukung koperasi dan UKM di Mimika, serta memberikan fasilitas gedung yang megah dal melaksanakan tanggung jawab sebagai tugas dan fungsi yang harus dikerjakan di bidang koperasi dan UMKM,” ucap Ida.

Ia juga menyampaikan terimaksih kepada ketua DPRD Mimika dan komisi B bidang ekonomi yang terus  berupaya dalam memberikan kontribusi di dalam pemikiran guna pengembangan Koperasi dan UMKM.

Sementara itu, proses peresmian gedung ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan pelepasan balon ke udara.

Turut hadir, Robby Omaleng, Ketua DPRD Mimika dan anggota DPRD lainnya, hadir pula Marthen Paiding mantan Pj Sekda dan Pimpinan OPD.

Ida Wahyuni juga merasa terharu lantaran masih dipercaya sebagai Kepala Koperasi dan UKM oleh Bupati Mimika.

“Terimakasih, kami mohon maaf bila terdapat kekurangan karenanya mohon bimbingan dan arahan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” tutur Ida Wahyuni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang HUT OPM Polri Lakukan Patroli Skala Besar di Maybrat

Manokwari. Dansat Brimob Polda Papua Papua Barat, Kombes pol. Semmy Ronny Thabaa., dalam keterangannya kepada wartawan mengungkapkan, satuan gabungan melakukan operasi berskala...

Polri Pastikan Keamanan Terjaga Saat HUT OPM 1 Desember

Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia memastikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terkait dengan adanya kegiatan peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM),...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Pesan Tokoh Agama Papua

Jayapura – Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2022, Tokoh Agama Papua Bapak Pdt. M.P.A Mauri, S.Th, mengajak seluruh Masyarakat Papua...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES YAHUKIMO RINGKUS DEMIUS MAGAYANG PENTOLAN KKB YAHUKIMO

Jayapura – Pada hari Sabtu tanggal 27 November 2021 Pukul 10.40 Wit, bertempat diseputaran PT Indopapua Jalan Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo,...

Recent Comments