Sabtu 4 Desember, 2021
Beranda Pelayanan Siapa Bilang Gagal? Dana Otsus Telah Dinikmati, Salah Satunya Kepada Seluruh Mahasiswa...

Siapa Bilang Gagal? Dana Otsus Telah Dinikmati, Salah Satunya Kepada Seluruh Mahasiswa Lewat Bantuan Pendidikan

Suaranewspapua.com- JAYAPURA- Habel Pusop, pengurus Komunikasi Pelajar dan Mahasiswa Yahukimo (KPMY) di kota studi Jayapura, mengatakan, bantuan studi untuk mahasiswa-mahasiswi Kabupaten Yahukimo telah disalurkan ke setiap pengurus ikatan distrik, sesuai petunjuk dan jumlah dana yang dilampirkan oleh pemerintah daerah.

“Kami telah menerima dan adari pemerintah. Walaupun pembagian dana bantuan studi dari pemerintah untuk tahun ini tidak sama dengan sebelumnya. Pihak Pemda mengatakan bahwa sebagian dana dialihkan untuk menunjang penyelenggaraan PON di Papua,” kata Habel.

Tahun ini, kata dia, ada kendala yang membuat penyaluran bantuan terlambat. Yakni dana Otsus dari pusat terlambat disalurkan ke pemerintah provinsi Papua. Selain itu, karena sebagian dana dipotong oleh pemerintah provinsi Papua untuk kepentingan penyelenggaraan PON ke-20 tahun 2020.

“Maka untuk nilai bantuan dari pemerintah yang kami terima sebesar Rp3.569.000.000 (Tiga miliar lima ratus enam puluh sembilan juta). Jadi, kami sudah lanjutkan kepada setiap ketua ikatan distrik, sesuai jumlah yang diberikan dari Pemkab Yahukimo,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, jumlah mahasiswa dan mahasiswi asal Kabupaten Yahukimo di kota studi Jayapura sebanyak 2.288 orang. Sehingga rincianyya menjadi mahasiswa S2 semester akhir Rp6.500.000, mahasiswa S2 semester berjalan Rp3.500.000, S1 semester akhir Rp1.700.000, S1 semester berjalan Rp1.400.000, D3 semester akhir Rp1.400.000, dan D3 semester berjalan Rp1.300.000.

“mahasiswa baru memang belum mendapat bantuan karena nama-namanya belum diserahkan ke pemerintah, termasuk mahasiswa tahun 2012/2013 yang telah selesai melakukan pendidikan,” tutur Habel.

Untuk itu, pengurus KPMY berterimakasih kepada Pemda Yahukimo yang telah membantu dana studi bagi mahasiswa meskipun dengan kondisi banyak persoalan.

Sementara itu, Yorim Momiage, sekretaris KPMY membenarkan bahwa pihaknya sedang membagi dana bantuan studi dari Pemkab Yahukimo kepada mahasiswa di Jayapura.

“Benar kami sudah terima dana dari pemerintah dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan, sedang kami bagi kepada setiap ketua ikatan distrik,” katanya.

Untuk jumlah mahasiswa semester akhir dan berjalan katanya, belum bisa untuk pastikan karena print out data jumlah mahasiswa yang dikeluarkan oleh Pemkab semua diacak.

“Terkait dengan jumlah mahasiswa akhir dan berjalan, belum bisa kami pastikan berhubungan datanya diacak. Sampai saat ini kami hanya bisa tau jumlah keseluruhan mahasiswa kabupaten Yahukimo yang menempuh pendidikan di Jayapura,” jelas Yorim.

Selain itu, Elky Silak, mahasiswa dari Stikom Muhammadiyah Jayapura, yang baru mendapatkan gelar sarjananya saat yudisum, mengatakan, pada semester akhir ini ia menerima dana sebesar Rp1.700.000, dari pengurus ikatan.

“Saya baru yudisium. Saya juga tidak tau kalau dana studi sedang dibagi. Setelah kegiatan di kampus selesai, saya pulang, dan saya dipanggil oleh pengurus ikatan, lalu saya diberikan dana bantuan dari Pemda. Dan saya terima,” katanya menjelaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Jelang HUT OPM Polri Lakukan Patroli Skala Besar di Maybrat

Manokwari. Dansat Brimob Polda Papua Papua Barat, Kombes pol. Semmy Ronny Thabaa., dalam keterangannya kepada wartawan mengungkapkan, satuan gabungan melakukan operasi berskala...

Polri Pastikan Keamanan Terjaga Saat HUT OPM 1 Desember

Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia memastikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terkait dengan adanya kegiatan peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM),...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Pesan Tokoh Agama Papua

Jayapura – Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2022, Tokoh Agama Papua Bapak Pdt. M.P.A Mauri, S.Th, mengajak seluruh Masyarakat Papua...

Recent Comments