Jumat 1 Maret, 2024
Beranda Pembangunan Bersama Kapolda Papua Barat, Gubernur Mandacan Kukuhkan Pokdarkantibmas Bhayangkara

Bersama Kapolda Papua Barat, Gubernur Mandacan Kukuhkan Pokdarkantibmas Bhayangkara

Suaranewspapua.com- MANOKWARI- Gubernur Papua Barat, Drs Domunggus Mandacan, menghadiri acara Pengukuhan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Polda Papua Barat di Arfak Convention Hall Mapolda Papua Barat, Senin (20/7/2020).

“Masalah gangguan Kantibmas pada dasarnya adalah masalah yang sangat kompleks, apabila hal ini dibiarkan atau tidak ada upaya pencegahannya, maka akan cenderung dapat meningkatnya kejahatan,” ujar gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam sambutannya.

Gubernur mengatakan, untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Penegak Hukum harus memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyrakat. “Hal ini dapat dilakukan dengan membangun kemitraan dan Pikdarkantibmas,” jelasnya.

Menurutnya, Kelompok Sadar Kantibmas adalah organisasi kemitraan Polri dengan kelompok masyarakat yang swakarsa menunjukan kepedulian terhadap masalah Kantibmas dalam mentaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya berharap Pokdarkantibmas Bhahangkara sebagai mitra Polisi dalam membantu upaya mewujudkan kemanan dan ketertiban masyarakat sebagai sumber informasi dan dapat mendekteksi kemungkinan timbulnya masalah sosial dan ekonomi ditengah-tengah masyarakat,” tegas Mandacan.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing, S.IK, M.Si, mengatakan untuk menjadi anggota Pokdarkamtibmas Polda Papua Barat, setiap masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga Kantibmas.

“Kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga Kantibmas sangat penting sekali. Jumlah anggota Polri tidak seimbang dengan jumlah penduduk Indonesia, sehingga menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih dari masyarakat lain untuk membantu Polri. Maka dari itu dibentuknyalah kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat Bhayangkara Polda Papua Barat,” Jelasa Irjen Pol Sihombing.

Kata Jenderal Polisi bintang dua itu, Pokdarkantibmas Bhayangkara dibentuk pada 25 November 2005 atas Surat Keputusan Kapolri No. Pol : SKEP/831/XI/2005 tentang pembentukan dan pembinaan Kelompok Sadar Kantibmas (Pokdarkantibmas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Srikandi Polri Enter Seram Region Sprinkle Smiles

Jayapura- Seram region is one of the areas of the Pegunungan Bintang Regency, Papua Mountain Province which is located not far from...

Srikandi Polri Masuk Wilayah Seram Taburkan Senyuman

Jayapura- Wilayah seram merupakan salah satu wilayah dari Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan yang letaknya tidak jauh dari ibu kota Kabupaten...

Members of the NTT Police Mobile Brigade, Victims of the KKB Shooting in Papua, Again Awarded Promotions

Jayapura- The National Police again awarded Bharaka Rani Yohanes Seran a promotion. He previously suffered a gunshot wound to...

Anggota Brimob Polda NTT Korban Penembakan KKB di Papua Kembali Dianugerahi Kenaikan Pangkat

Jayapura- Polri kembali menganugerahkan kenaikan pangkat bagi Bharaka Rani Yohanes Seran setingkat lebih tinggi. Ia sebelumnya mengalami luka tembak...

Recent Comments