Rabu 19 Mei, 2021
Beranda Pelayanan Bupati Manokwari Bagikan Benih Padi Unggul kepada Petani dan Penyuluh

Bupati Manokwari Bagikan Benih Padi Unggul kepada Petani dan Penyuluh

Suaranewspapua.com- MANOKWARI- Panca Plh Bupati Manokwari, Edi Budoyo menyerahkan benih padi unggul kepada para petani dan penyuluh Prafi, Manokwari, Papua Barat pada Sabtu (18/7).

Penyerahan benih padi unggul tersebut sejalan dengan komitmen Menteri Pertanian (Kementan) Syahrul Yasin Limpo untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

Benih tersebut dibagikan untuk penanaman 147 hektare dengan potensi lahan padi sawah 158 hektare. Penyerahan bibit dilakukan secara simbolis  kepada Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Setia Bersama Manokwari.

Menurut Edi Budoyo, penyediaan benih yang berkualitas dan ungguh sudah terbukti mampu meningkatkan dan mengintensifkan sektor pertanian, khusunya padi pada Juni lalu.

Kesuksesan petani khususnya di Manokwari, Papua Barat berkat dukungan penyuluh yang tidak hanya mahir di lahan, namun juga mampu menjalin relasi dengan stakeholder. Buah dari kerjasama yang telah terjalin, para petani mendapatkan bantuan benih padi unggul sejumlah 3.675 kg.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Purwanta menyebutkan, Polbangtan Manokwari siap mendukung peningkatan mutu sumber daya manusia pertanian untuk memperkuat perekonomian di tengah pandemi.

“Civitas akademika Polbangtan Manokwari akan terus mengawal kegiatan pertanian yang ada di Manokwari, terlebih disaat pandemi COVID-19,” ujar Purwanta.

Ia menambahkan, mahasiswa yang melakukan Learning form Home mendapat tugas untuk melakukan pendampingan kepada para petani dan berkolaborasi dengan penyuluh demi terjalinnya regenerasi petani dan terciptanya ketahanan pangan.

Di tempat terspisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembagan Sumber Dayan Manusia BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa keberhasilan petani, terlihat dari penyuluhnya.

“Penyuluhkan keartif, inovatif maka petaninya sukses,” ujar Dedi.

Sekadar diketahui, Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman perdana padi sawah bantuan Pemerintah kabupaten Manokwari Tahun Anggaran 2020 yang bertempat di Sawah Bapak Mispan Kelompok Tani Tani Makmur, Kampung Udapi Hilir, Prafi, Manokwari, Papua Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Pendeta Gereja Bethesda di Bioga Papua: Pembunuhan di Beoga bertentangan dengan Injil

Beoga,Papua- Sabtu sore 24/4/2021 pukul 16.30 WIT tim satgas Nemangkawi dan Binmas Noken silaturahmi dengan Pendeta Simon Tinal (Gereja Bethesda) di RM...

Kabupaten Mimika Siapkan 363 Tenaga Kesehatan Untuk PON XX Papua

Kabupaten Mimika menyiapkan 363 orang tim kesehatan yang akan bertugas selama penyelenggaraan PON XX Papua, 2-15 Oktober 2021 di Sub Cluster Kabupaten...

Komunitas Muslim Papua di Jayapura Gelar Ritual Bakar Batu Jelang Buka Puasa

Tradisi bakar batu merupakan kegiatan memasak secara tradisional yang dilakukan suku-suku asli Papua yang berasal dari wilayah pegunungan tengah Papua.

Para Tokoh di Papua Sepakat Dukung Kebijakan Dana Otsus

Perwakilan tokoh adat, tokoh agama, dan pemuda di Provinsi Papua mengaku sepakat agar kebijakan dana Otonomi Khusus (Otsus) tetap dilanjutkan untuk meningkatkan...

Recent Comments