Sabtu 18 Mei, 2024
Beranda kesehatan Jalani Rapid Test, 26 Pedagang di Pasar Pharaa Sentani Reaktif

Jalani Rapid Test, 26 Pedagang di Pasar Pharaa Sentani Reaktif

Suaranewspapua.com- SENTANI- Pemeirntah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Tim Surveilans dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 menggelar tes cepat alias rapid test massal di Pasar Pharaa Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Kamis (16/7/2020)

Sebanyak 219 orang pedagang Pasar Pharaa Sentani mengikuti kegiatan yang merupakan upaya pelacakan terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, mengatakan tes cepat ini sudah menyasar para pedagang di Pasar Phara dan dari 219 orang pedagang yang ikut tes cepat tersebut, ditemukan 26 orang yang menunjukkan hasil tes cepat reaktif terhadap hasil pemeriksaan melalui Rapid Test.

“Jadi hari ini ada 26 orang yang reaktif dari hasil pemeriksaan tes cepat atau Rapid Test yang kita lakukan,” kata Khairul Lie yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dalam keterangan tertulis yang diterima media online ini, Kamis (16/7/2020) malam.

Dikatakan, pemeriksaan terhadap para pedagang di Pasar Pharaa Sentani itu akan berlangsung selama 2 hari, di mana kegiatannya sudah mulai di lakukan pada hari Kais ini (kemarin). Menurutnya, upaya ini merupakan salahsatu tindakan yang dilakukan Tim Gugus Tugas untuk mendeteksi dini  penyebaran Covid-19.

“Sesuai arahan dari Bupati agar tim surveilans ini tidak boleh kendur dan kami juga terus melakukan upaya untuk melakukan pemeriksaan menggunakan alat tes cepat ini,” paparnya.

Dia menambahkan sebagaimana biasanya bagi mereka yang dinyatakan reaktif dari hasil pemeriksaan rapid tes ini akan dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR untuk memastikan kondisi kesehatannya.

“Jadi yang reaktif itu belum bisa dipastikan, bahwa dia positif Covid-19 atau bukan. Karena itu hanya bisa dibuktikan melalui pemeriksaan swab tenggorokan atau PCR,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Criticism of KKB’s Presence by Human Rights Organizations

Papua - Several human rights organizations (HROs) have raised critical voices against the presence of the Armed...

Kritik terhadap Keberadaan KKB oleh Lembaga Hak Asasi Manusia

Papua - Sejumlah lembaga hak asasi manusia (HAM) telah mengangkat suara kritis terhadap keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata...

KKB is at it again by killing a civilian in Intan Jaya

Jayapura – The Armed Criminal Group (KKB) has acted again, this time the Undius Kogoya KKB led by Lewis Kogoya and Enos...

KKB Kembali Berulah Dengan Bunuh Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah, kali ini KKB barisan Undius Kogoya pimpinan Lewis Kogoya dan Enos Tipagau melakukan aksinya...

Recent Comments