Sabtu 13 April, 2024
Beranda Keamanan dan Ketertiban TERKAIT PENGAMANAN, KODAM CENDERAWASIH SIAP BANTU POLDA PAPUA DALAM PILKADA SERENTAK DI...

TERKAIT PENGAMANAN, KODAM CENDERAWASIH SIAP BANTU POLDA PAPUA DALAM PILKADA SERENTAK DI PAPUA TAHUN 2020

suaranewspapua.com- JAYAPURA- Polda Papua menggelar Coffe morning dalam rangka persiapan Pilkada serentak di Provinsi Papua Tahun 2020. Pembahasan dengan berbagai pihak tersebut juga memaparkan kesiapan Polda Papua dalam pengamanan Pilkada serentak di 11 kabupaten.

Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw kepada wartawan mengatakan, untuk mengamankan proses Pilkada, pihaknya menyiapkan 2.577 personil gabungan.

“Ini tersebar di 11 kabupaten, dengan rincian dari Polda menyiapkan sementara 813 personil, BKO TNI 627 personil, Brimob Nusantara kami akan minta ke Bapak Kapolri yakni 500 personil. Di luar itu, ada juga Linmas 7.174 personil,” jelas Kapolda, pada Selasa (07/07/2020)

Dijelaskan juga dari 11 kabupaten, terdapat 7 daerah yang sudah melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), yakni Yalimo, Keerom, Supiori, Nabire, Merauke, Waropen dan Yahukimo.

“Jadi Asmat, Mamberamo Raya, Boven Digul dan Pegunungan Bintang, persetujuan sudah tapi belum ditandatangani NPHD nya, namun persetujuan penggunaan anggaran sudah disetujui, ” kata Paulus Waterpauw.

Ia pun meminta warga jika ada penyalahgunaan wewenang dari aparat penegak hukum maupun penyelenggara sendiri silahkan melaporkan hal tersebut ke Bawaslu.

“Jika terjadi tindak pidana maka rekomendasinya ke Kepolisian yang nantinya diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya lagi.

Selanjutnya, Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay mengatakan, agenda Pilkada serenetak keputusannya tetap dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

“KPU saat ini sudah atau sedang melaksanakan beberapa tahapan. Kepada seluruh stakeholder kami minta juga sama-sama mengawal tahapan-tahapan ini, pihaknya pun mengimbau semua masyarakat sama-sama mengawal tahapan Pilkada serentak. “Kita ciptakan Pilkada yang damai, kita ciptakan Papua tanah damai,” ucapnya.

Sementara itu, Mengenai perbantuan pengamanan, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi yang mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan, TNI siap membantu Polri dalam pengamanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami juga siap membantu hal-hal penting seperti distribusi logistik dengan Alutsista yang ada baik Kodam, Lanud maupun Lantamal kami siap apabila dibutuhkan,”kata Kasdam.

“Dan untuk masalah personil selain yang disebutkan Kapolda, kami juga menyiapkan kekuatan sekitar 2.500 personil baik dari jajaran Kodam maupun Korem 172/PWY, 173 dan 174 ditambah rekan-rekan dari AL juga AU, intinya kami bersinergi dengan Polri untuk sukseskan Pilkada,” tutup Kasdam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Prospering the Mosque, 2024 ODC Personnel Deliver Friday Sermons

In an effort to make the mosque prosperous and provide the best service to the community, ODC...

Makmurkan Masjid, Personel ODC 2024 Mengisi Khutbah Jumat

Dalam upaya memakmurkan masjid dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, personel ODC 2024 melaksanakan khutbah Jumat di...

Oksibil, April 12 2024- The service celebrating the birthday of the Bintang Mountains Regency took place in a solemn and orderly manner.

The community is very enthusiastic about this year's celebration in Oksibil City, Bintang Mountains Regency. Residents flocked...

Oksibil, 12 April 2024- Ibadah perayaan hari ulang tahun Kabupaten Pegunungan Bintang berlangsung dengan hikmad dan tertib.

Oksibil, 12 April 2024- Ibadah perayaan hari ulang tahun Kabupaten Pegunungan Bintang berlangsung dengan hikmad dan tertib.

Recent Comments