Senin 6 Desember, 2021
Beranda Pembangunan Ali Kabiay: Masyarakat Papua Tetap Mendukung Otsus Jilid II

Ali Kabiay: Masyarakat Papua Tetap Mendukung Otsus Jilid II

suaranewspapua.com- JAYAPURA- Ketua Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua, Ali Kabiay mengajak masyarakat di Provinsi Papua harus mendukung Otonomi Khusus jilid II.

‘’pemerintah pusat memberikan Otonomi Khusus kepada Papua agar percepatan pembangunan, baik itu pembangunan infrastruktur, ekonomi, Pendidikan, kesehatan papua lebih baik,’’ Kata Ali kabiay kepada wartawan, Selasa 7 Juli 2020.

Lanjut Ali, Ia sebagai orang asli papua sangat mendukung Otsus Jilid II, namun sarannya agar Pemerintah dapat mengevaluasi Otsus secara menyeluruh.

‘’Saya memberikan saran kepada pemerintah untuk dapat mengevaluasi secara menyeluruh, termasuk audit dana otonomi khusus ini secara besar-besaran, sehingga dalam menjalankan Otonomi Khusus Jilid II kita bisa melihat dimana kelemahan-kelemahan yang terjadi di Otsus jilid I,’’ Ujarnya.

‘’Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa otonomi khusus ini sudah digunakan oleh kelompok-kelompok yang bertentangan dengan negara. Saya minta kepada pemerintah juga untuk harus berhati-hati bahwa dana Otsus ini sangat besar, harus ada perhatian khusus termasuk dari Komisi Penanggulangan Korupsi Indonesia untuk lebih intens terus dengan BPK dengan pihak-pihak terkait termasuk dengan Kepolisian untuk dapat memantau dana Otonomi Khusus sehingga memasuki jilid 2 ini bisa berjalan dengan baik dan bisa dirasakan oleh masyarakat Papua. Kita tahu bahwa dana otonomi khusus jilid I tidak sepenuhnya menyentuh sampai ke masyarakat sehingga masyarakat mudah terprovokasi. Jika masyarakat mudah terprovokasi bisa menyuarakan isu-isu yang selama ini kita tahu bahwa Papua penuh dengan intrik politik yaitu politik Papua Merdeka,’’ Tambahnya.

Disinggung soal penolakan yang dilakukan oleh beberapa pihak, di akuinya bahwa itu hanya segelintir orang saja.

‘’Penolakan terhadap Otsus Jilid II itu hanya dari segelintir orang, bukan mewakili seluruh masyarakat yang ada di Papua. Jadi kami sangat senang apabila Otsus jilid II ini dapat dijalankan, tetapi tentu melalui mekanisme yang sudah digodok oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Papua sehingga dapat menyentuh kepada masyarakat,’’ bebernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments