Jumat 29 Maret, 2024
Beranda Pemerintahan SPKM Hanya Diperuntukkan Bagi Pegawai Yang Berjalan Dinas

SPKM Hanya Diperuntukkan Bagi Pegawai Yang Berjalan Dinas

Suaranewspapua.com.- JAYAPURA,- Pengurusan Surat Persetujuan Keluar Masuk (SPKM) Papua hanya dikhususkan untuk ASN, TNI-POLRI, BUMN dan perusahaan lainnya yang berjalan dinas keluar papua dalam kurun waktu tertentu.

Dilansir dari reportasepapua.com, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Sekda Provinsi Papua, Muhammad Musaad mengatakan warga yang memiliki KTP Papua, untuk keluar masuk Papua, harus minta izin dan tetap diantisipasi jika ingin kembali ke Papua, sehingga harus memegang SPKM jika ingin keluar masuk Papua.

Sedangkan untuk warga yang ingin keluar dari Papua dan bukan penduduk Papua, lalu tidak berdinas di Papua, maka tidak perlu mengurus SPKM, tapi hanya membuat surat pernyataan tidak kembali ke Papua selama setahun sejak dibuat surat tersebut.

” Jadi pada relaksasi tahap ini, sesuai dengan kesepakatan yang dibuat, setiap penduduk yang ber-KTP Papua atau berdinas di Papua, termasuk istri atau suami dan anaknya, bisa masuk kembali ke Papua tanpa mengurus SPKM, cukup dengan melampirkan rapid test,” jelasnya, Kamis.

Lalu, jika warga tersebut tidak memiliki KTP Papua, tidak berdinas di Papua dan ingin masuk ke Papua, maka wajib disertai hasil swab PCR, wajib membuat pernyataan bahwa yang bersangkutan menanggung semua biaya yang terkait dengan pelayanan kesehatannya.

“Sapa tahu, jika dia di PCR dan hasilnya positif, maka dia  wajib membiayai dirinya sendiri dan harus melampirkan tiket pulangnya,” jelasnya. Lanjut Musaad, dengan begitu gampang dilacak dalam tracing dan Pemprov Papua tidak ada maksud menutup diri, terlebih Papua memiliki keterbatasan dalam infrastruktur kesehatan. “Itu juga mengurangi beban kita untuk kerja susah, jadi lebih gampang dan cepat dalam bertindak,”ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Positive Impact of the Presence of Security Forces in Papua according to Max Abner Ohee

the Papuan Church Council (DGP) Rev. Benny Giay and Deputy Chair II of the MRP, Max Abner Ohee

Dampak Positif Kehadiran Aparat Keamanan di Tanah Papua menurut Max Abner Ohee

Dewan Gereja Papua (DGP) dan Wakil Ketua II MRP, Max Abner Ohee Papua – Mendapat kritik terhadap aparat...

KKB Papua Hits Security Forces on Patrol, Whisper of Bullets Gives Goosebumps

Papua – The Papuan KKB's actions turned out to be very terrible. Without caring about humanity, they...

KKB Papua Hantam Aparat Keamanan yang Sedang Patroli, Desingan Peluru Bikin Merinding

Papua – Tindakan KKB Papua teryata sangat mengerikan. Tanpa mempedulikan rasa kemanusiaan, mereka memberondong prajurit TNI Polri...

Recent Comments