Kamis 2 Desember, 2021
Beranda Ekonomi Bisnis UMP Papua 2020 Ditetapkan Sebesar Rp3.516.700

UMP Papua 2020 Ditetapkan Sebesar Rp3.516.700

Upah Minimum Provinsi (UMP) Papua 2020 resmi ditetapkan sebesar Rp3.516.700 dari sebelumnya Rp3.240.900.

Penetapan UMP lewat Keputusan Gubernur Papua Nomor 188.4/369/Tahun 2019 tentang Upah Minimum dan Upah Minimum Sektoral Provinsi Papua Tahun 2020, dan  Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua Yan Piet Rawar, kenaikan upah mempertimbangkan aspek pertumbuhan ekonomi maupun inflasi yang mana peningkatannya sekitar 8,5 persen.

Diharapkan kenaikan UMP tersebut dapat berimbas pada peningkatan produktivitas pekerja, sehingga dapat berpengaruh pada peningkatan pendapatan atau keuntungan bagi perusahaan.

“Intinya tujuan utama dari kenaikan UMP ini agar terjadi peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di Papua. Karena indeks pembangunan manusia Papua sampai saat ini masih berada pada level yang perlu ditingkatkan,” ucap ia.

Sementara dengan ditetapkannya UMP baru, ia mengimbau pemerintah kabupaten dan kota segera menindaklanjuti.

“Sebab ada beberapa kabupaten kota yang mengusulkan tetap mengacu pada UMP baru, tapi ada satu kabupaten juga yang mengusulkan melakukan penangguhan”. 

“Namun hal itu tidak bisa dilakukan karena sudah ketetapan pemerintah. Sehingga harus dilaksanakan oleh semua pihak,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang HUT OPM Polri Lakukan Patroli Skala Besar di Maybrat

Manokwari. Dansat Brimob Polda Papua Papua Barat, Kombes pol. Semmy Ronny Thabaa., dalam keterangannya kepada wartawan mengungkapkan, satuan gabungan melakukan operasi berskala...

Polri Pastikan Keamanan Terjaga Saat HUT OPM 1 Desember

Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia memastikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terkait dengan adanya kegiatan peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM),...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Pesan Tokoh Agama Papua

Jayapura – Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2022, Tokoh Agama Papua Bapak Pdt. M.P.A Mauri, S.Th, mengajak seluruh Masyarakat Papua...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES YAHUKIMO RINGKUS DEMIUS MAGAYANG PENTOLAN KKB YAHUKIMO

Jayapura – Pada hari Sabtu tanggal 27 November 2021 Pukul 10.40 Wit, bertempat diseputaran PT Indopapua Jalan Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo,...

Recent Comments