Selasa 7 Desember, 2021
Beranda Pemerintahan Tahapan Pilkada KPU Yalimo Papua Kembali Dibuka 15 Juni

Tahapan Pilkada KPU Yalimo Papua Kembali Dibuka 15 Juni

Suaranewspapua.com – Pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Yalimo, Provinsi Papua tahun 2020 akan kembali dibuka pada 15 Juni mendatang.

Seperti dilansir Antara, Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen melalui sambungan telepon hari ini, Rabu (3/6/2020) mengatakan, sudah mendapat instruksi untuk melanjutkan tahapan yang terhenti pascawabah Corona.

“Jadi pungut hitung suara tetap tanggal 9 Desember 2020, sedangkan tahapan yang tertunda akan dimulai tanggal 15 bulan ini,” katanya.

Keputusan itu diterima dari KPU Provinsi Papua pada 2 Juni usai rapat koordinasi antara Komisi II DPR RI, Mendagri, KPU RI dan Bawaslu RI. Tindak lanjut keputusan rapat disampaikan oleh KPU Papua secara daring kepada 11 kabupaten penyelenggara pilkada

“Untuk tahapan setelah tanggal 15 Juni, kita akan mengaktifkan kembali badan Ad Hoc dalam hal ini PPD dan PPS yang mana sudah kami berhentikan April lalu. Diaktifkan kembali untuk melaksanakan seluruh tahapan,” katanya.

Karena faktor layanan internet tidak mendukung, KPU Yalimo melakukan tahapan secara daring seperti harapan pusat. Sehingga tahapan pilkada tetap dilakukan dengan cara datang ke masyarakat.

Mengedepankan Protokol Kesehatan

Walau berisiko besar sebab mereka bakal berhadapan dengan banyak masyarakat di saat pandemi Corona, namun sudah menjadi komitmen mereka untuk tetap menindaklanjuti keputusan pusat.

“Apapun risikonya, sebagai penyelenggara pemilu kami siap melaksanakan semua keputusan yang disampaikan oleh pusat,” katanya.

Mantan Ketua Bawaslu Yalimo ini memastikan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah, dalam setiap pelaksanaan tahapan pilkada.

Beberapa tahapan yang nantinya dilakukan KPU Yalimo adalah melakukan rapat koodinasi dengan stakehorlder terkait tahapan yang kembali dilanjutkan, termasuk tahapan perekrutan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). 

“Kami berharap dengan situasi yang ada, semua pihak bisa mendukung penyelenggara pemilu sehingga tahapan ini kita laksanakan secara bersama-sama,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments